Walikota Tidore Kukuhkan Tim Pengawasan Orang Asing

/ Senin, 30 April 2018 / 19.09
Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim saat memakaikan rompi tanda dikukuhkannya Tim PORA Kota Tikep, Senin (30/4)

TIDORE - Tim Pengawasan Orang Asing (TIM-PORA) Tingkat Kota Tidore Kepulauan resmi dikukuhkan Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia Kantor Wilayah Maluku Utara Kantor Imigrasi Kelas I Ternate. Senin (30/4/2018).

Sementara struktrur keanggotaan ini sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ternate Nomor : W.29.IMI.IMI.1-GR.03.02-297 Tahun 2018 tentang Tim Pengawasan Orang Asing Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018 ditetapkan Walikota Tidore Kepulauan Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim sebagai penasehat dan Ketua Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ternate I Nyoman Gede Surya Mataram, Sekretaris Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Agustinus Aponno.

Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, khususnya pada Pasal 69 ayat (1), mengamanatkan agar pengawasan orang asing ini dilakukan secara terkoordinir diantara instansi pemerintah yang terkait dengan orang asing melalui Pembentukan Tim Pengawasan Orang Asing (TIM PORA) Khususnya di Wilayah Kota Tidore kepulauan.

“Kota Tidore Kepulauan adalah salah satu kota yang sangat strategis dan memiliki potensi sumber daya alam yang dapat menarik kunjungan Warga Negara Asing (WNA) yang hendak berinvestasi maupun dalam rangka kegiatan lainnya,” kata Ali.

Ali berharap dengan terbentuknya Tim PORA Kota Tidore Kepulauan ini dapat meningkatkan sinergitas antara berbagai instansi pemerintah, yang terkait dengan permasalahan orang asing dalam hal pengawasan orang asing tersebut, sebagai tempat tukar menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan dan kegiatan orang asing dan menjamin tetap terpeliharanya stabilitas kepentingan Nasional dan daerah dari dampak negatif yang mungkin timbul akibat perlintasan orang antar negara, keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah NKRI.

Agustinus Aponno dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan diselenggarakan rapat Tim Pora ini adalah untuk menyamakan persepsi sebagai anggota Tim Pora dalam rangka pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing, mendiskusikan hal-hal dan isu-su terkini terkait keberadaan dan kegiatan orang asing di satuan kerja masing-masing, ujarnya.

Adapun Anggota Tim PORA Kota Tidore Kepulauan yang telah dikukuhkan terdiri dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Polres Tidore, Badan Kesbangpol, Kodim 1505 Tidore, Kejaksaan Negeri Tidore, Dinas Nakertrans, Disparbud, Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama, BIN, BAIS dan Imigrasi.

Kegiatan ini ditandai dengan penyematan rompi Tim PORA oleh Walikota Tidore kepada Anggota Tim PORA Kota Tidore Kepulauan yang dihadiri turut hadir Forkopimda, Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Staf Ahli, Asisten Sekda, Pimpinan SKPD Kota Tidore Kepulauan. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini