Arief Yahya : Putra Putri Pariwisata Nusantara Endorser Milenial

/ Selasa, 01 Mei 2018 / 01.04
sumber : humas Kemenpar

JAKARTA - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyematkan mahkota kepada peraih gelar Putra Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) 2018, Arya Purnawa dari Riau dan Ni Wayan Ika Mahayani dari Bali, pada ajang pemilihan PPPN 2018 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor  Kementerian Pariwisata, Jumat malam (27/4/2018).

Ajang pemilihan PPPN 2018 yang memasuki tahun kedua ini mengusung tema ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’, diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia.  Diikuti sebanyak 46 peserta, terdiri 23 pria dan 23 wanita, sebagai wakil dari 23 provinsi se- Indonesia.

Menpar Arief Yahya dalam sambutannya mengatakan, para finalis PPPN 2018 selain  goodlooks, juga briliant dan ethics, yang terkandung dalam unsur 4R: yaitu raga, rasio, rasa, dan ruh.

“Mereka bisa menjadi duta wisata atau endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Endorsers menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang dijalankan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Ownes, Social Media, dan Endorser),” kata Arief Yahya.

Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto mengatakan, para finalis PPPN 2018 yang tampil dalam ajang grand final, semuanya  masuk masa karantina di Best Western Mangga Dua Hotel Jakarta pada tanggal 18-28 April 2018.

“Dalam masa karantina finalis diberikan pembekalan, di antaranya ketika acara audiensi dengan Menpar Arief Yahya,” kata Johnie. Selain itu, pembekalan tentang peningkatan kepribadian; intrepreneur hospitality; workshop penulisan di medsos dan media massa; serta teknik presentasi, focus group disscussion, one on one interview, visit product, dan latihan koreografis.

Ajang PPPN 2018 sebagai salah satu kontribusi stakeholder pariwisata meningkatkan kualitas dan kuantitas daya tarik pariwisata di daerah. Melalui tema ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’,  selaras dengan program pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan juga mempresentasikan program Kemenpar dalam membangun 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP), di mana 7 dari 10 DPP diantaranya adalah wisata bahari (marine tourism).

Dewan Juri Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018, adalah: Esthy Reko Astuti (Kemenpar): Agus Dermawan (Kementerian Kelautan dan Perikanan); Dayu Hatmanti (Miss Scuba International 2011); Nova Rini (owner Prajudi Batik) dan Johnie Sugiarto (CEO El John). Selain menetapkan Juara 1 Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018, dewan juri menetapkan sebagai RUNNER UP, adalah:  Runner Up 1, sebagai Putra Putri Generasi Pesona Indonesia 2018, adalah Surianto (DKI Jakarta) dan Relin Megrina Anggia (Maluku). Runner Up 2, sebagai Putra Putri Kopi Indonesia 2018, adalah Gabriel Edgar Yordan (Sulawesi Utara) dan Olda Jolanda Olivia S (Maluku).

Runner Up 3, sebagai Putra Putri Agrowisata Indonesia 2018, adalah I Wayan Doni Wijaya (Bali) dan Zakia Sanla (Riau). Runner Up 4, sebagai Putra Putri Anti Narkoba 2018, adalah Josua Bith (Kalimantan Timur) dan Cindy Yuwono (DKI Jakarta). Selamat berkarya untuk kemajuan kepariwisataan nasional. (Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini