Banyak Kapal Tak Memiliki Izin, Ditpolair Polda Malut Intens Patroli

/ Rabu, 09 Mei 2018 / 17.20
Kasat Ditpolair Polda Malut  Kombes Pol Arief Budi Winofa
TERNATE – Terindikasi banyak kapal yang mencari ikan di wilayah perairan laut Maluku Utara (Malut) tidak memilih izin. Direktorat Polair Polda Malut intens melakukan patroli untuk melakukan penindakan.

Kasat Direktorat Polair Polda Malut Kombes Pol Arief Budi Winofa menyatakan, setelah mendapat informasi bahwa ada sejumlah  kapal yang melakukan penangkapan ikan tanpa  surat izin. 

Dia pun memerintahkan anggotanya melakukan patroli di wilayah perairan laut Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) D an perairan laut Patani Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng). Sebab  dua daerah itu banyak kapal-kapal yang menangkap ikan.

"Saya mendengar informasi tersebut saya perintahkan kepada anggota saya segera melakukan patroli di perairan Halsel dan Patani. Patroli tersebut dengan menggunakan kapal XX 2017 untuk bergeser di perairan tersebut dan menemukan kapal Indotuna GT.77,78 tanpa surat izin,” ungkap Arief Budi Winofa saat di konfirmasi di kantornya. Rabu (9/5/2018).

Menurut Arief, dalam catatan surat izin, penangkapan ikan tersebut ada beberapa daerah yang di larangan untuk melakukan penangkapan ikan seperti jalur satu dan jalur dua adalah sejauh 12 mil pantai itu tidak boleh kapal tersebut beroperasi karena ini adalah ketentuan.

"Kami patroli bertujuan para kapal tersebut harus menggunakan surat-surat, jika tidak menggunakan izin, maka kapal tersebut tidak di bolehkan mencari ikan sebab ini adalah perintah,” tegasnya.

Lanjutnya, Direktorat Polair Polda Malut bersama masyarakat, mari menjaga da n melakukan   pengawasan wilayah Maluku Utara  yang notabenenya  73 persen lautan jika di bandingkan dengan daratan hanya 20 sekian persen.

"Mari kita sama-sama melakukan operasi terkait dengan penangkapan ikan tanpa surat-surat,” ujarnya. (YSM)
Komentar Anda

Berita Terkini