Dino Umahuk: Cagub Rivai Umar harus Arif dan Santun Dalam Berpolitik

/ Minggu, 13 Mei 2018 / 03.33
Dino Umahuk (Jubir AGK-YA)
TERNATE -  Dino Umahuk, Juru bicara pasangan calon KH. Abdul Ghani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-YA). Sebaiknya Calon Wakil Gubernur Rivai Umar yang berpasangan dengan Ahmad Hidayat Mus (AHM) fokus pada visi misi dan program saja tidak perlu menghujat kandidat lain.

“ Beliau mantan rektor,  akademisi mestinya faham adab politik. Santun dan berpolitik dengan cara beradab. Masa seorang mantan rektor seperti itu,” ungkap Dino Umahuk kepada wartawan media ini. Sabtu (12/5).

Menurut Dino, ketika debat putaran kedua di jakarta beberapa hari lalu Rivai Umar mengeluarkan perkataan bahwa kepala sekolah dan guru-guru melakukan pungli “ Ini sangat berbahaya. Seorang calon pemimpin kok seenaknya memberi tuduhan seperti itu,” ujarnya.

Tak hanya itu, Dino juga mengklarifikasi soal hotmulix jalan itu salah ucap aja. Yang benar jalan bobong keramat. Kemudian truk itu memang masih terbatas baru 10 yang diberikan,  demikian juga gudang penampung hasil panen.

“ Selama ini petani mengangkut hasil pertanian pakai gerobak, pakai motor dan tidak efisien. Maka di tahun 2017 lalu pemerintah Maluku Utara membangun gudang penampungan di 5 kabupaten yakni Halmahera Utara (Halut), Halmahera Barat (Halbar), Halmahera Tengah (Halteng) Halmahera Timur (Haltim) dan Halmahera Selatan (Halsel) diberikan bantuan 10 unit truk untuk membantu petani mengangkut hasil panen,” tuturnya.

Selain truk ada traktor  yang diberikan kepada petani, untuk  membajak sawah, mesin perontok padi, mesin perontok jagung, sensor, dan masih banyak lagi yang sempat disampaikan dalam debat tersebut.

“ Tidak mungkin dalam waktu 1.30 menit semua hasil pembangunan bisa disebutkan satu persatu. Jadi sebagai akademisi apalagi sebagai mantan rektor, Rivai Umar ada baiknya belajar untuk lebih arif dan santun dalam berpolitik,” pungkasnya. (Tim)

Komentar Anda

Berita Terkini