Dukcapil Luncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) Kepada Masyarakat Kota Tidore

/ Senin, 28 Mei 2018 / 00.19
Kepala Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan, Sunarya Saripan

TIDORE- Sebagai wujud implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 02 tahun 2016 tentang kartu identitas anak , Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil) berencana meluncurkan kartu identitas anak (KIA) bagi masyarakat di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Peluncuran yang rencananya akan dilaksanakan pada hari Kamis 31/5 mendatang atau bertepatan dengan HUT Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan ke 15 tersebut dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga masyarakat khususnya terhadap anak yang berusia kurang dari 17 tahun.

Peluncuran KIA ini manfaatnya untuk pemenuhan hak anak, untuk persyaratan mendaftar sekolah, keperluan data identitas membuka tabungan atau menabung di bank, untuk mendaftar di BPJS dan pembuatan dokumen keimigrasian guna mencegah terjadinya perdagangan anakUcap Kepala Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan, Sunarya Saripan, Kepada wartawan media ini. Senin (28/5/2018) sore tadi

Lanjutnya, pada HUT Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan ke 15  nanti selain peluncuran KIA, Pemkot Tidore Kepulauan juga akan menyerahkan dokumen administrasi kependudukan kepada masyarakat Suku Terasing Tayawi “Tobelo Dalam” Desa Koli Kecamatan Oba.

Administrasi Kependudukan yang akan diserahkan nanti antara lain Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak yang nantinya akan diterima oleh salah satu perwakilan suku terasing, Pungkas Sunarya (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini