Hadiri Kampanye, Empat Kades di Halsel Terancam Pidana

/ Senin, 07 Mei 2018 / 19.57
Oknum Kepala Desa hadiri kempanye paslon AGK-YA, Minggu (6/5)

HALSEL - Sejumlah kepala desa dibidik Panitia Pengawas Pemilu Halmahera Selatan. Pasalnya, para kades ini tertangkap kamera turut menghadiri kampanye pasangan calon gubernur-wakil gubernur nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA), Minggu (6/5/2018). Tak hanya hadir, mereka juga diketahui mengenakan atribut paslon tersebut.

Setidaknya ada empat kades yang dilaporkan terlibat dalam akbar tersebut. Yakni Kades Liaro Kecamatan Bacan Timur Selatan Najarlis Hi Mansur, Kades Marabose Kecamatan Bacan Irham Hanafi, Kades Indong Kecamatan Mandioli Utara, Juma Tuahuns, dan Kades Tabajaya Kecamatan Bacan Timur Tengah Gatot Sujarno Hasan.

Kepala Panwaslu Halsel Kahar Alu saat dikonfirmasi nusantaratimur.com mengungkapkan, Panwaslu telah memanggil Central Gakumdu untuk membahas persoalan tersebut. Dia memastikan para kades tersebut bakal diproses.

"Para kades yang dengan terang-terangan menggunakan atribut pasangan calon tetap akan diproses," ungkapnya, Senin (7/5/2018).

Kahar menuturkan, ancaman pidana menanti keempat kades tersebut. Hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

"Sesuai Pasal 8 ya. Kalau terkait pemecatan kades diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pasal 29 dan 30. Itu kewenangan bupati," tuturnya.

Sekadar diketahui, para kades ini tertangkap kamera tengah mengikuti kampanye akbar AGK-YA yang dipusatkan di Swering Mandaong. Mereka juga menggunakan atribut paslon lengkap. (iel/ric)
Komentar Anda

Berita Terkini