Ini Tanggapan KPU Malut, Soal Pernyataan Moktar Adam

/ Senin, 07 Mei 2018 / 19.04
Anggota KPU Malut H. Buchari Machmud

TERNATE – Menanggapi pernyataan Moktar Adam, salah satu panelis dalam debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi  Maluku Utara (Malut) yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel  Grand dafam Ternate. Jumat (4/5) kemarin.

Dimana statemen Moktar Adam menilai bahwa KPU tidak PD (percaya diri) dalam mengsortir tema yang berkaitan dengan kepulauan, sehingga pertanyaan tidak fokus pada tema yang akhirnya kita tidak menemukan roh dari debat kandidat yang dilaksanakan KPU Malut ini.

Kepada wartawan saat di konfirmasi media ini via handphone, Senin (7/5). Ketua Devisi Hukum KPU Maluku Utara Buchari Mahmud menanggapi pertanyaan itu.  Menurutnya,  semua bahan dari tim penyusun materi debat tidak lari dari apa yang disusun oleh tim penyusun materi debat tersebut.

 “KPU sendiri  tidak menyusun materi debatnya namun yang menyusun materi itu adalah tim penyusun materi debat yang dipakai KPU dalam debat perdana kemarin,” paparnya.

Dia menyebutkan, sebenarnya semua sudah sesuai apa sudah digagas dan disusun oleh panelis. “  Jadi saya kira  perdebatan sudah sesuai dan tidak perlu dikembangkan  lagi,” tukas Buchari.

“ Untuk Debat kedua akan berlangsun sama dengan debat pertama, jadi semua materi yang akan di sampaikan dalam forum debat antara paslon sama mekanismenya dan kemudian bahan materinya juga semua dari panelis,” sambungnya.

Lanjut Buchari, untuk pelaksanaan debat kedua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara tidak ada penyempurnaan judul dan yang lainnya. Hanya kita menyesuaikan sehingga bisa lebih sempurna lagi, katanya.

Anggota KPU Malut Pudja Sutamat menambahkan, kami sudah siap melaksanakan debat kedua nanti,  dan tim paslon juga sudah menyatakan kesiapan mereka dalam mengikuti debat selanjutnya.

“ Saat ini tinggal kita tunggu hasil debat yang akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 10 Mei mendatang,” ujarnya.(RN)
Komentar Anda

Berita Terkini