IWO Lampung Timur Resmi Dikukuhkan

/ Selasa, 08 Mei 2018 / 14.49
Pelantikan IWO Lampung Timur, Selasa (8/5)
LAMPUNG TIMUR - Pengurus Ikatan Wartawan Online Kabupaten Lampung Timur resmi dilantik Selasa (8/5) siang ini di Sekretariat IWO, Desa Braja Asri, Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (8/5).

Prosesi puncak pelantikan pengurus IWO Lampung Timur adalah pembacaan SK DPP IWO tentang Kepengurusan IWO Lampung Timur masa bakti 2017/2022 oleh Ketua IWO Provinsi Lampung Wawan Sumarwan dilanjutkan pembacaan ikrar IWO bersama dan penyerahan bendera Merah Putih dari Bendahara IWO Indonesia, Dwi Christianto kepada Ketua IWO Lampung Timur Edi Arsadad.

Dalam sambutanya, Ketua Panitia Pengukuhan Kemas Hasanudin menyatakan berterimakasih kepada semua pihak yang turut terlibat mensukseskan acara tersebut. Dia menjelaskan terselenggaranya pengukuhan itu karena dukungan berbagai pihak.

Wawan Sumarwan meminta wartawan yang tergabung di  IWO Lampung Timur  mampu mengawal pembangunan di daerahnya demi mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Selain itu dia meminta wartawan online terus memberikan pencerahan kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang benar, sesuai fakta dan dapat dipertanggungjawabkan.
Sementara itu, di sambutanya Edi Arsadad menegaskan  iwo bukanlah  benteng dan pagar bagi  wartawan yang mendapat masalah,  tetapi Iwo adalah tempat jurnalis belajar dan menimba ilmu agar terhindar dari masalah. 

Dia menyatan IWO Lampung Timur akan turut memperjuangkan kebebasan pers di daerahnya.

"IWO Lampung Timur telah dikukuhkan dan kehadirannya akan terus mendorong fungsi pers untuk memenuhi hak masyarakat,  mengetahui dan menegakkan nilai nilai dasar demokrasi,  mendorong terwujudnya supremasi hukum dan hak azasi manusia," ujarnya.

Sedangkan sambutan Ketua Umum IWO Jodhi Yudono yang disampaikan Ketua  Bidang Hukum dan Advokasi DPP IWO, Dr Ibnu Mazjah menyampaikan selamat dilantiknya IWO Lampung Timur.

"Adanya pelantikan semoga bisa menambah semangat, bisa menambah wawasan dan menambah hal-hal baik yang lainya dalam mengemban tugas dan fungsinya," ujar dia.
Jodhi pun meminta wartawan sebagai warga negara dalam melaksanakan tugasnya harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dan profesi.

Pelaksana Tugas Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari dalam paparan yang dibacakan Hasbi Azka, Kadis Komunikasi dan Informasi menyatakan Pemda Lampung Timur siap bersinergi dengan pers dan membuka diri terhadap kebebasan  informasi sepanjang informasi yang bukan sangat rahasia.

Zaiful Bokhari menyatakan jajaran Pemkab Lampung Timur tidak anti kritik tapi dia meminta setiap kritikan konstruktif, edukatif dan membangun.

"Begitu sebaliknya wartawan juga harus melaksanakan tugas pers sesuai undang-undang pers dan kode etik jurnalistik," ujar Zaiful.

Dia pun berharap pertumbuhan pers diimbangi dengan kwalitas wartawan sehingga insan pers bisa menjalankan tugasnya secara profesional.

"Sehingga pers tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang mengaku-ngaku wartawan tapi ternyata tidak bisa menulis," ujar dia.

Pelantikan IWO Lampung Timur berlangsung hikmat dan meriah, diramaikan dengan persembahan tari Daerah Lampung, diantaranyaTari Sigeh Pengunten dan Tari Bedana dan Tari Pilisi Cilik oleh siswa-siswa sekolah.

Selain itu, Yoshi Duta Dangdut Provinsi Lampung yang pernah tampil di acara Konser Nominasi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2018 program Televisi Indosiar pun ikut memeriahkan dan mempersembahkan lagu kepada para tamu undangan pelantikan IWO Lampung Timur. (Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini