Kantor Pertanahan dan Kejari Tidore Sepakat Teken MoU

/ Sabtu, 05 Mei 2018 / 02.07
Acara penandatangan MoU antara Kantor Pertanahan dan Kejari Tidore, Jumat (4/5)

TIDORE - Kantor Pertanahan Kota Tidore Kepulauan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tidore teken Memorandum of Understanding (MoU)  tentang penanganan masalah hukum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kejari Tidore Kelurahan Indonesiana, Kecamatan Tidore. Kota Tidore Kepulauan. Jumat (4/5/2018)

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Tidore, Sri Kuntjoro kepada wartawan media ini, dengan dilakukannya MoU bersama dengan Kejari Tidore. Hal itu bertujuan untuk penanganan Perdata dan Tata Usaha Negara sehingga nanti tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.

Lanjutnya,  untuk pendampingan nanti dilakukan oleh Kejaksaan Tidore dengan memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan penyelesaian perkara hukum sehingga nantinya tidak bermasalah di kemudian hari.

"Sebab kami masih belum begitu memahami akan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara sehingga dari MoU inilah, kami bisa meminta kepada Kejari Tidore untuk melakukan pendampingan dalam memberikan pertimbangan hukum," ungkapnya.

Sri menyebutkan, saat ini kantor pertanahan mempertahankan pelepasan lahan dari Pemda Tidore diantaranya lahan SPN di Gurabati. Untuk itu, perlu dilakukan pendampingan oleh Kejari Tidore agar bisa memberikan bantuan dan pertimbangan hukum sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian harinya.

Kepala Kejari Tidore, Yudhi Syupriadi membenarkan bahwa kerjasama yang dilakukan Kantor Pertanahan dan Kejari Tidore dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara dalam rangka mendampingi pertanahan untuk memberikan bantuan, pertimbangan dan pendampingan hukum.

"Kejari Tidore akan melakukan pendampingan hukum kepada pertanahan sepanjang itu positif dan untuk kemaslahatan umat, maka kami bersedia untuk membantu dan memberikan pertimbangan hukum," katanya.

“ Permasalahan mendesak saat ini yang disampaikan Kepala Pertanahan soal pelepasan lahan SPN dari Pemda Tidore di Gurabati kecamatan Tidore Selatan, dan itu akan dilakukan pendampingan oleh Kejari Tidore sehingga nantinya tidak menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari,”ujarnya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini