Kota Tidore Keciprat Bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian

/ Senin, 07 Mei 2018 / 18.29
Sekda Kota Tikep Thamrin Fabanyo saat memantau bantuan dari Kementerian Pertanian, Senin (7/5)

TIDORE - Untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa Berbasis Agro-Marine terus mendapat dukungan dari pemerintah pusat.  Pasalnya, bulan ini Kota Tidore Kepulauan keciprat bantuan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian RI.

Alsintan yang diserahkan Kementerian Pertanian tersebut. Antara lain; 5 unit Traktor, 5 unit Hand Traktor, 10 Unit Cultivator dan 30 unit Pompa Air yang bersumber dari kegiatan Holtikultura dan tanaman pangan Dirjen PSP Kementerian Pertanian.

Setibanya tersebut itu di Kota Tidore Kepulauan. Seluruh bantuan alsintan ini dikumpulkan di halaman kantor Walikota Tidore, dan selanjutnya dilakukan penyerahan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Thamrin Fabanyo kepada sejumlah pengurus Brigade Alsintan Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan. Senin (7/5) pagi tadi.

Di sela-sela penyerahan Thamrin Fabanyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pertanian RI yang telah ikut mendukung pembangunan pertanian di Kota Tidore Kepulauan, bahkan secara langsung telah ikut mensukseskan visi Pemerintah daerah, ungkapnya.

Selain itu, Thamrin Fabanyo juga meminta kepada para petani di Kota Tidore Kepulauan dapat memfaatkan bantuan Alsintan ini semaksimal mungkin, agar ikut menggenjot hasil pertanian daerah.

“ Tolong agar dimanfaatkan dan dijaga dengan baik agar bantuan ini benar-benar mendorong kemajuan pertanian di Kota Tidore Kepulauan. dan penggunaannya agar dapat diatur lebih lanjut oleh instansi teknis,” tegas Thamrin.

Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, Imran Jasin menjelaskan, Alsintan yang baru tiba ini, akan melengkapi sejumlah Alsintan yang sudah ada sebelumnya. 

“ Dengan bantuan Alsintan ini diharapkan akan dapat membantu para petani dalam percepatan pengolahan tanah dan proses penanaman,” harapnya.
Adapun ketersediaan mesin traktor, 4 Kecamatan di Pulau Tidore sendiri sudah ada 5 unit Traktor, Kecamatan Tidore, Tidore Timur dan Tidore Selatan masing-masing 1 unit sedangkan Tidore Utara 2 unit.

“ Untuk 4 Kecamatan di Pulau Halmahera menjadi 7 unit masing-masing Oba Utara 1 unit, Oba Tengah 3 unit, Oba 2 unit dan Oba Selatan 1 unit. Untuk Pompa Air sudah kami serahkan langsung kepada kelompok tani di masing-masing Kecamatan,” ujarnya.

Imran menambahkan, demi efektifnya pemanfaatan bantuan ini, seluruh Alsintan yang ada ini pengelolaan dilakukan oleh Brigade Pertanian di setiap Kecamatan. Nantinya setiap petani di kecamatan setempat boleh memanfaatkan Alsintan ini dengan berkoordinasi kepada Brigade Pertanian sehingga seluruh petani dapat menikmati secara bersama, katanya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini