Lagi, Halsel Raih Predikat WTP

/ Kamis, 24 Mei 2018 / 23.58
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba

TERNATE - Badan Pemeriksaan Keuangan  (BPK) RI Perwakilan  Provinsi Maluku Utara kembali memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) keuangan Kabupaten Halmahera Selatan  (Halsel) Tahun 2017.  WTP yang diberikan kepada Pemerintah Halsel merupakan penghargaan yang ke empat.

Menurut Auditor Keuangan Negara VI BPK, Dori Santosa dalam sambutan penyerahan menyampaikan bahwa hasil pemeriksaan atas LKPD Kabupaten/Kota TA 2017 di wilayah Provinsi Maluku Utara menunjukkan adanya peningkatan opini.

“Dari 10 pemerintah kabupaten/kota, sebanyak 7 pemerintah daerah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan 3 pemerintah daerah memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” katanya.

Ia mengatakan Tujuh kabupaten dan kota yang mendapatkan opini WTP yaitu Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Kabupaten Pulau Morotai. Sementara yang meraih opini WDP yaitu Kabupaten Pulau Taliabu, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kabupaten Halmahera Tengah.

Berdasarkan Pasal 20 UU Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara katanya mewajibkan setiap pej abat terkait untuk menindaklanjuti rekomendasi dalam hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara.

“Jawaban atau penjelasan tentang tindak lanjut rekomendasi dalam hasil pemeriksaan BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara disampaikan kepada BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara selambat-lambatnya 60 hari sejak laporan diterima,” kata Dori.

“Pejabat yang tidak menindaklanj uti dapat dikenai sanksi. Upaya-upaya ini guna mewujudkan Good Governence dan Clean Goverment di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Maluku Utara,”  ujarnya.

Terpisah Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengatakan,  tahun 2017 merealisasikan anggaran pendapatan sebesar Rp. 28 miliar. Sementara 2016 anggaran belanja 51 Miliar.

"Semoga dengan penghargaan ini Mudah-mudahan tahun depan kementerian keuangan dapat memberikan tambahan bonus,  saya sudah di janjikan kurang lebih 60 miliar," tukas Bahrain.

Bahrain mengaku, hal ini merupakan  bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dalam hal ini kepala daerah dan jajaranya, masyarakat dan DPRD. Sehingga Pemkab Halsel kali empat meraih WTP.

Demikian juga dikatakan Bupati Halbar,  Danny Missy, bahwa pemberian opini dari BPK kepada  Halmahera Barat (Halbar) ada peningkatan WDP ke WTP.  “ Ini kali pertama kali Halbar raih WTP, kedepan kami bisa pertahankan dengan mengelola anggaran yang baik," ujarnya. (YSM)
Komentar Anda

Berita Terkini