Maju Caleg DPR RI, Ini Alasan Sidik Dero Siokona

/ Kamis, 03 Mei 2018 / 22.32

DR. Sidik Dero Siokona

TERNATE -  Tokoh pendidikan Maluku Utara DR. Sidik Dero Siokona. Akhirnya memutar haluan untuk maju sebagai calon anggota DPR-RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Maluku Utara.  Pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Kie Raha Ternate ini, memilih PDI Perjuangan sebagai kendaraan politik untuk maju bertarung pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019  mendatang.

Kemunculan mantan calon Walikota Ternate ini, lantaran ai memiliki niat untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Maluku Utara.

"Yang mendorong saya maju sebagai calon  anggota DPR-RI. Yang paling utama saya ingin memajukan SDM di bidang  Kesehatan, Pendidikan dan Transporatsi di Daerah ini,” ujar DR. Sidik Dero Siokona saat dikonfirmasi wartawan Nusantaratimur.com, Kamis (3/5/2018).

Selain memajukan SDM, Ketua STIKP Kie Raha Ternate ini juga berkeinginan mendorong ketersediaan infrastruktur yang memadai di Provinsi Maluku Utara ke depan.

" Tekad saya maju calon anggota DPR RI, selain membangun SDM, saya juga ingin mendorong pembangunan infrastruktur daerah ini,” tutur.

Dia menjelaskan, daerah Maluku Utara dilihat dari garis potensial merupakan daerah yang memiliki potensi. Maka harus mencari wakil rakyat yang baik, dengan kondisi sumber daya manusia yang masih kurang kuat, yang belum dapat diandalkan.

"Kalau sumber daya manusia itu sudah bagus maka kita bisa mengangkat SDM dibidang kesehatan, pendidikan, dan juga persoalan transporatsi. Karena Maluku Utara sebagai daerah kepulauan, jadi transportasi juga harus diperhatikan, dan faktor ini yang saya pikirkan untuk memajukan Maluku Utara," terang Sidik.

Sidik menyebutkan, pengembangan SDM ini yang nantinya menjadi prioritas, jangan kemudian berteriak menolak tenaga pekerja  asing (TKA) dan pekerjakan tenaga lokal, namun yang harus  dilihat apakah SDM kita sudah  siap atau tidak, ini yang perlu renungkan.  

"Kalau kita usir tenaga asing ini kan kita salah. Kalau tenaga asing di usir siapa yang nantinya akan bekerja. Hal ini yang harus dipikirkan juga,  jadi pengembangan SDM ini yang nantinya menjadi prioritas," tukas Sidik.

Itu sebabnya, keinginan maju DPR-RI ini, hanya niat yang tulus  ingin membantu masyarakat Maluku Utara dengan  Gubernur terpilih nanti untuk kemajuan daerah ini kedepan dari berbagai aspek.

"Saya maju bukan kepentingan pribadi, tapi demi daerah ini, demi Pemerintah  Provinsi Maluku Utara, demi  Pemerintah Kabupaten dan Kota untuk kita membangun Malut yang lebih baik lagi," jelasnya.

" Untuk persyaratan yang dibutuhkan di organisasi dalam hal ini PDI Perjuangan, semua sudah lengkap semoga dari pusat bisa menetapkan saya sebagai calon DPR RI Dapil Maluku Utara, dan masyarakat Maluku Utara juga mendukung saya maju sebagai DPR RI," sambungnya.

Sebagai salah satu tokoh pendidikan di Maluku Utara, tentunya menjadi visi-misinya yang paling utama  mendorong soal pendidikan.
Apalagi Maluku Utara adalah tingkat kualitas  pendidikan terendah berada pada nomor ke tiga dari 34 Provinsi di Indonesia.

"Jangan kita bicara pendidikan di Maluku Utara karena kita belum bisa bersaing dengan daerah lain karena kita punya sumber daya masih kurang," pungkasnya. (YSM)
Komentar Anda

Berita Terkini