Memiliki Gelar KIT SAU, MK Optimis Menang di Sula Besi, Mangoli dan Taliabu

/ Selasa, 01 Mei 2018 / 00.31
Muhammad Kasuba bersama Isteri Hj. Nurdiana Yoisangaji
SANANA - Diberikan gelar Kit SAU (Katong pun Ipar) oleh masyarakat Kepulaun Sula (Kepsul). Calon Gubernur Muhammad Kasuba (MK) dipastikan meraih dukungan penuh di tiga pulau besar yaitu Sulabesi, Mangoli dan Taliabu. Gelar SAU (ipar)  mempunyai kedudukan tinggi di mata masyarakat Kepsul yang mempunyai arti lebih tinggi dari pada saudara kandung.

Pemberian Gelar “ Sau” tak lepas dari istri calon Gubernur Maluku Utara ini yang merupakan putri asli kepulauan sula yang berasal dari Desa Malbufa Nurdiana Yoisangaji, maka gelar “ Sau”  disematkan oleh masyarakat sula untuk Calon Gubernur Muhammad Kasuba.

"Saya merupakan bagian dari masyarakat kepulaun sula,  Mangoli dan Taliabu hal itu menjadi salah satu alasan keluarga di sula, Mangoli dan taliabu memilih nomor empat karena saya bagian dari bapak ibu saudara sekalian sebab saya merupakan Kit SAU (Katong Pung ipar)," tutur Muhammad Kasuba dalam orasinya politiknya. Senin (30/4/2018) .

MK menuturkan,  pemberian gelar SAU (Ipar) adalah pemberian orang tua-tua di sula yang memberikan gelar SAU kepada saya, dan menyampaikan bahwa gelar SAU mempunyai arti lebih tinggi kedudukan dari sudarah kandung.

" Walaupun saya bukan terlahir dari sula tetapi keluarga saya yang di mana istri,  anak-anak dan cucu saya mempunyai darah, asal dan keluarga dari tiga pulau emas ini yaitu Sula, Mangoli dan Taliabu," ungkap MK.

Artinya konsekuensi, apabila gubernurnya merupakan keluarga yang dekat dari masyarakat kepulaun sula, Mangoli dan Taliabu maka otomatis gubernur  akan memperhatikan Sula, Mangoli dan Taliabu
"Jika nanti saya terpilih menjadi gubernur dan tidak memperhatikan sula, Mangoli dan Taliabu maka sama seperti saya tidak memperhatikan keluarga saya," ujarnya. (RN)
Komentar Anda

Berita Terkini