Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Sekolah, Dispeka Kota Tidore Gelar Bimtek

/ Senin, 07 Mei 2018 / 18.43
Ir. Thamrin Fabanyo (Sekda Kota Tidore Kepulauan)

TIDORE- Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan sekolah di Kota Tidore Kepulauaan yang lebih professional. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispeka) Kota Tidore Kepulauan menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan  bahan perpustakaan sekolah tingkat SLTP se-Kota Tidore Kepulauan bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tidore. Senin (7/5/2018).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ir. Thamrin Fabanyo. Pada kesempatan itu Thamrin Fabanyo dalam sambutannya menyampaikan, bimtek ini adalah salah satu bentuk upaya untuk mempromosikan peran perpustakaan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya pengelolaan perpustakaan.

“ Dengan adanya kegiatan bimtek ini dapat memberikan pemahaman yang sama tentang peran dan fungsi perpustakaan juga sebagai mekanisme untuk menampung aspirasi atau masukan-masukan dari stakeholder terkait yang selanjutnya akan menjadi bahan acuan bagi pemerintah baik di daerah maupun pemerintah pusat dalam penyusunan program kedepan,” paparnya.

Sementara itu  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Husen Jauhari menyampaikan tujuan Bimtek Pengelolaan Bahan Perpustakaan ini adalah upaya pemerintah untuk mendorong dan mengoptimalisasi pemahaman pustakawan terhadap peran dan fungsi perpustakaan serta pustakawan khususnya pengelola perpustakaan tentang standar pengelolaan bahan perpustakaan kepada pengguna/ pemustaka sesuai standar nasional, jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, diikuti oleh 40 orang peserta, sebagai utusan dari masing-masing sekolah SLTP seKota Tidore Kepulauan.

Sementara itu, kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta bimtek  beserta pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan. Sedangkan Narasumber dari Pusat Pengembangan Koleksi dan Bhan Pustaka Perpustakaan Nasional RI, Suharyanto, S.Sos. M. Hum. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini