|
Menu Close Menu

Menyerap Aspirasi Nelayan, Pemkot Tidore Gelar Rapat Bersama

Jumat, 18 Mei 2018 | 00.27
Rapat Bersama Antara Walikota,Wakil Walikota Beserta Nelayan, Pedagang, Pemlik Kapala Dan pihak  Perusda AMAN Mandiri

TIDORE- Setelah turun langsung ke lapangan menyerap aspirasi para nelayan, pedagang maupun konsumen terkait tingginya harga ikan di Kota Tidore Kepulauan, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen  bergerak cepat dengan melakukan rapat bersama untuk mencari akar permasalahan sekaligus solusi terkait tingginya harga ikan di Tidore, rapat tersebut bertempat di ruang rapat Walikota. Jumat (18/5/2018)

Dalam pertemuan tersebut para nelayan, pemilik kapal dan para pedagang kembali menyampaikan keluhan kepada Pemerintah terkait ketersediaan es, air, BBM hingga proses pembongkaran ikan yang tidak semua kapal terlayani oleh kapal oleh Perusda AMAN Mandiri yang menjadi salah satu penyebab tingginya harga ikan.

Menanggapi keluhan  dari para nelayan dan para pedagang, Wakil Walikota, Muhammad Senin menyampaikan  Perusda seharusnya mampu memenuhi kebutuhan para nelayan maupun pedagang berupa air, es dan BBM (Bahan Bakar Minyak) dengan catatan kebutuhan diberikan tidak Cuma-Cuma atau tidak gratis.

“Untuk tekhnisnya dapat diatur oleh pihak Perusda dengan mempertimbangkan kondisi Perusda sendiri”.Ucapnya

Sementara untuk BBM, Wakil Walikota meminta pihak Perusda untuk bekerja sama dengan koperasi yang menyediakan BBM di PPI Goto dengan mengutamakan para pemilik kapal.

Di kesempatan yang sama, Walikota menegaskan kepada pihak  Perusda AMAN Mandiri untuk melayani seluruh kapal yang melakukan aktifitas bongkar ikan di PPI Goto.

“Seluruh aktifitas bongkar muat ikan di pelabuhan itu diserahkan kepada pihak Perusda untuk melakukannya, sementara pedagang ikan tidak bisa langsung membeli ikan dari kapal, harus melalui Perusda, agar fluktuasi harga ikan lebih terjaga dan stabil”.tegasnya

Sementara untuk menekan tingginya harga ikan, Walikota menginstruksikan kepada Dewan Pengawas Perusda AMAN Mandiri untuk bersama Walikota dan Wakil Walikota membahas terkait surat Keputusan (SK) Standarisasi harga ikan dengan melibatkan para pedagang dan juga pemilik kapal. Jelas Ali Ibrahim

Menutup rapat tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kota Tidore Kepulauan melaporkan bahwa mesin pembuatan es Balok telah berfungsi kembali, dan berharap dapat memenuhi kembali kebutuhan es di PPI Goto. (Dar)

Bagikan:

Komentar