Panwaslu Tidore Resmi Limpahkan Berkas 3 Tersangka Pengrusakan Baliho

/ Selasa, 22 Mei 2018 / 22.19
Penyerahan berkas tiga tersangka yang diserahkan Panwaslu Kota Tidore Kepulauan ke Satreskrim Polres Tidore, Selasa (22/5)

TIDORE - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Tidore Kepulauan, akhirnya melimpahkan berkas perkara kasus pengerusakan alat peraga kampanye (APK) pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut, Burhan Abdurahman dan Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi) yang terjadi di Desa Kosa, Kecamatan Oba, ke Polres Tidore Kepulauan.

Pelimpahan berkas kasus pengerusakan APK Bur-Jadi. Disepakati, setelah tim penyidik Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Tidore Kepulauan menetapkan tersangka TA (19), SY (21) dan KH (20) warga Desa Kosa sebagai pelaku. Karena ketiga pelaku telah memenuhi unsur tindak pidana pemilu.

Hal itu dibenarkan Koordinator Divisi Hukum Panwaslu Kota Tidore Kepulauan, Bahrudin Tosofu, menyatakan sesuai hasil investigasi Panwaslu dan tim penyidik Gakumdu sudah menyepakati jika kasus pengerusakan APK ini telah memenuhi unsur pelanggaran tindak pidana Pemilu. Sehingga kasus ini dilimpahkan ke Polres Tidore Kepulauan.

" Kasus pengerusakan APK di Desa Kosa selanjutnya ditangani Polres Tidore Kepulauan," tandas Bahrudin.

Tambah Bahrudin, pelimpahan berkas kasus pengerusakan APK tersebut dilakukan hari ini. hal itu berdasarkan Berita Acara Pelimpahan Berkas Nomor: 10/BA/PWS.KTK/V/2018 Tentang Penerusan Penindakan pelanggaran Pemilu dan berkas tersebut telah diterima langsung Kasat Reskrim Polres Tidore Kepualuan Iptu Dwi Gastimur Wanto S.I.K di Sekretariat Panwaslu Kota Tidore Kepulauan, ujar Tosofu.

Sementara kasus pengerusakan APK yang dilakukan tiga oknum pemuda Desa Kosa terjadi pada tanggal 8 Mei 2018 sekira pukul 03.30 WIT dini hari.

“ Kasus pengerusakan APK Bur-Jadi terbongkar. Setelah dilaporkan ke Panwaslu Kota Tidore Kepulauan oleh Panwascam Oba,” tutupnya. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini