|
Menu Close Menu

Paslon MK-Maju Menang, Jika Pemilihan Dilakukan Bulan ini

Sabtu, 19 Mei 2018 | 22.26
Grafik Hasil Survei  Lembaga survei Mecro tactics consulting
TERNATE - Hasil survei terbaru Lembaga survei Mecro tactics consulting menempatkan pasangan calon  Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara Muhammad Kasuba - Abdul Majid Husen (MK-Maju) pada urutan pertama jika pemilihan di laksanankan pada bulan ini.

Dari Hasil survei paslon MK-Maju berada pada urutan pertama dengan memperoleh 25.7% disusul dengan paslon AGK-YA dengan memperoleh 22.8% di urutan ke dua sementara di urutan ke tiga di tempati oleh paslon Bur-Jadi dengan memperoleh 22.1% dan paslon yang terakhir dengan memperoleh 20.6% di tempati oleh paslon AMH-Rivai.

Hasil survei ini di ambil selama 8 hari dari tanggal 23 -30 April dari 10 kabupaten/kota yang berada di Provinsi Maluku Utara dengan jumlah koresponden sebanyak 900 orang dari 90 desa yang ada dengan masing-masing desa di ambil sampel sebanyak 10 orang yang terbagi dari 5 perempuan dan 5 laki-laki di setiap desa.

Ahmad Fadhli selaku senior research Micro tactics consulting menjelaskan,  lembaga survei research Micro tactics melakukan survei dengan mengedepankan sifat independen sebab hal itu selalu di jaga agar tetap di percaya oleh masyarakat.

"Dalam melakukan survei Kami melibatkan mahasiswa  sebab mahasiswa di percaya mempunyai sifat independen dan mampu di terima masyarakat sehingga hasil yang di paparkan ke publik merupakan hasil tanpa intervensi dan sifatnya dapat di percaya," jelasnya.

Ahmad menjelaskan, kenaikan jumlah suara yang di peroleh paslon MK- Maju dan Bur-Jadi merupakan hasil dari tingkat kepercayaan masyarakat terhadap paslon nomor urut satu maupun nomor urut 3 dan tak lepas dari tsunami politik yang terjadi kepada paslon nomor urut 3 AHM.

Pasalnya survei yang di lakukan sebelumnya baik AGK maupun AHM menepati urutan pertama dan kedua tetapi hal itu berubah sesuai dengan suhu politik yang terjadi.

" Jadi semua kemungkinan masih bisa terjadi selama setiap kandidat menerapkan cara yang berbeda dalam mengambil hati masyarakat,” ujarnya.

Olehnya itu, untuk memastikan hasil survei ini, maka kami akan melakukan survei kembali sebelum lebaran agar bisa mengetahui apakah berubah atau tidak dan apabila terdapat kesalahan dalam hasil survei ini.  dipastikan hanya selisih tidak kurang dari 5% sebab survei yang dilakukan merupakan survei dengan mengedepankan sifat independen, pungkasnya. (RN)
Bagikan:

Komentar