Pemkot Tidore Rakor Pembentukan Pokja KIPI

/ Rabu, 09 Mei 2018 / 23.35
Rakor Pokja KIPI 

TIDORE - Asisten  Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Pemkot Tidore Kepulauan Hi. Muhammad Yasin di dampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan  Abdullah Maradjabessy dan Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan  Provinsi Maluku Utara Ishak Tauda memimpin Rapat Koordinasi dan Pembentukan Kelompok Kerja Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Pokja KIPI) Tidore Tahun 2018. Rabu (9/5).

Muhammad Yasin menyatakan, anak sehat adalah merupakan investasi masa depan yang harus dijaga sebaik-baiknya, terutama bayi dan balita karena daya tahan tubuh mereka belum baik sehingga mudah terserang penyakit.

Lanjutnya, untuk mewujudkan anak-anak kita menjadi sehat tentunya diperlukan upaya yang salah satunya adalah dengan memberikan imunisasi secara lengkap maupun imunisasi tambahan lainnya.

Karenanya, Kata Muhammad Yasin, imunisasi merupakan upaya untuk memberikan kekebalan kepada anak terhadap penyakit tertentu yang berbahaya yang dapat menyebabkan kesakitan, kecacatan/kelumpuhan, bahkan kematian bagi penderitanya.

“ Marilah sama-sama kita sukseskan kampanye Campak Rubella Tahun 2018 dengan berupaya menjangkau seluruh sasaran anak usia 9 bulan – 15 tahun. Dengan apa yang dilakukan ini semoga dapat memberikan kontribusi pada peningkatan status kesehatan anak utamanya di Kota Tidore Kepulauan,” ungkapnya.

Abdullah Maradjabesy menambahkan, campak adalah infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh dan sangat menular jika tubuh  kita belum mendapat imunisasi campak dan rubella adalah suatu infeksi virus menular yang dapat dicegah oleh vaksin dan dikenal dengan ruam merah yang khas.
 
“ Tujuan dari pertemuan ini adalah terbentuknya Pokja Campak dan Rubel Kota Tidore Kepulauan  Tahun 2018 untuk Kampanye  imunisasi campak dan rubela  sehingga di tahun 2020  Tidore tereleminasi dari  campak dan rubela. Pada tahun ini yakni bulan Agustus – September mendatang, seluruh provinsi di luar Pulau Jawa termasuk Kota Tidore Kepulauan akan melaksanakan kompanye Imunisasi Campak – Rubella atau biasa di sebut “MR” dengan sasaran anak usia 9 bulan – 15 tahun se Kota Tidore Kepulauan yang diestimasikan sebesar 28.801 (Dua puluh delapan ribu delapan ratus satu) anak,” pungkas Abdullah.

Hadiri dalam kegiatan tersebut sejumlah pimpinan OPD, Camat, Dokter se Kota Tidore Kepulauan, perwakilan dari Unicef dan sebagai Nara Sumber Kepala Seksi Survelens dan Imunisasi Dinas Kesehatan  Provinsi Maluku Utara Ishak Tauda serta Dr Rahayu dari RSUD Tidore bertempat di Ruang Rapat Walikota. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini