AGK-YA Unggul, Tim Antisipasi Tingkat Kecurangan

/ Kamis, 28 Juni 2018 / 19.50

KH. Abdul Ghani Kasuba, Lc & Ir. Al Yasin Ali, MT
TERNATE – Hasil hitung cepat real count KPU untuk Pilkada Maluku Utara pasangan calon KH. Abdul Ghani Kasuba-Ir. Al Yasin Ali (AGK-YA) unggul dari tiga pasangan calon Ahmad Hidayat Mus- Rivai Umar (AHM-Rivai).

Sementara posisi ketiga ditempati paslon H. Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi) dan Muhammad Kasuba-Abdul Madjid Husen (MK-Maju).

Lebih menariknya,  tim pasangan calon masing-masing diwarnai aksi saling klaim kemenangan dalam Pilkada Malut yang di ikuti 4 pasangan calon. Di mana massa pendukung Bur-Jadi terlebih dulu melakukan konvoi kemenangan karena unggul tiga pasangan calon lainnya.
Akan tetapi, jika dilihat dari hasil hitungan cepat real count KPU hingga pukul 15.30 WIT, pasangan calon Bur-Jadi berada di urutan ketiga dengan presentasi perolehan suara 27.15 persen.

Sementara paslon AGK-YA masih berada di posisi pertama dengan perolehan suara 30.85 persen selisih tipis dengan paslon AHM-Rivai dengan presentasi perolehan suara 30.35 persen. Berdasarkan suara masuk real count KPU  91.11 persen. Sedangkan, jagoan PKS, PAN, dan Gerindra berada di posisi terbawah yaitu 11.65 persen.

Alhasil, aksi saling klaim kemenangan para tim paslon tak terbendung. Hal tersebut di tanggapi juru bicara AGK-YA, Dino Umahuk. Menurutnya, saling klaim kemenangan ini membuat Pilkada Malut lebih menarik. Karena semua paslon mengganggap memenangkan pertarungan. Tetapi, anggapan itu tidak sesuai dengan hitungan real quick dari KPU.

“ Seakan-akan menang itu disusun timnya masing-masing. Padahal hitungan cepat KPU masih terus berlanjut,” ujar Dino Umahuk, pada jumpa pers di posko AGK-YA, Akehuda Ternate.

Kata Dino, berdasarkan hasil real count KPU Provinsi Maluku Utara pada Kamis (28/6) pukul 18:00 WIT AGK-YA masih berada di puncak dibandingkan tiga paslon lain, AHM-Rivai, Bur-Jadi, dan MK-Maju.  

“ AGK-YA menempati posisi pertama. Trend presentasi positif yang sama juga dimiliki media center AGK-YA yaitu kisaran angka 31 persen. Angka kisaran ini tentu terjadi atau berbanding lurus dengan portal KPU Malut dan lembaga-lembaga survei. Hal ini penting di ketahui publik, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang merugikan, terutama manipulasi suara yang sering terjadi di Pilkada-Pilkada sebelumnya,” tukas Dino.

Olehnya itu, Dino mengimbau kepada seluruh relawan dan pendukung AGK-YA tetap mengamankan folmulir C1 di TPS Kabupaten/Kota secara menyeluruh pada semua tahapan, baik TPS tingkat keluarahan, PPK, KPU Kota hingga ke KPU Provinsi agar tidak terjadi hal-hal yang keluar ketentuan yang berlaku.  

“ Kepada pihak penyelenggara, terutama KPU Malut untuk bertindak dengan aturan yang berlaku. Demikian juga Bawaslu untuk mengambil langkah-langkah hukum penting sehingga tidak merugikan masyarakat dan demokrasi Malut,” tutupnya. (tim)

Komentar Anda

Berita Terkini