Begini Kata Warga Halteng Tentang Sosok Abah Acim

/ Minggu, 03 Juni 2018 / 00.33
 M. Al Yasin Ali

TERNATE - Seorang pemimpin yang baik pasti dicintai oleh rakyatnya. Kata pepatah tersebut sudah bisa disaksikan di Indonesia, termasuk Maluku Utara. Salah satu pemimpin lokal yang mendapat perhatian dan membekas pada ingatan rakyatnya adalah M Al Yasin Ali (YA).

Selama dua periode kepemimpinannya di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Abah Acim, sapaan akrab YA, sudah melakukan pembangunan yang luar biasa dan membekas di warga Halteng. "Sewaktu menjabat sebagai bupati, Al Yasin menunjukkan diri sebagai pelayan bagi warga Halteng. Rumah tinggal bupati terbuka 24 jam, warga siapapun dapat bertemu dengan bupati tanpa sekat," kata salah seorang warga, Junaedi, Sabtu (2/6/2018).

Junaedi yang saat ini menjadi Sekretaris Relawan AGK-YA Halteng mengatakan, warga yang hendak bertemu Bupati saat itu tidak perlu berurusan dengan protokoler yang berbelit-belit. Berneda dengan pejabat lainnya, Abah Acim membolehkan siapa saja bertemu dengannya tanpa perlu ditanyai terlebih dulu keperluannya. "Abah Acim juga tidak memakai ajudan dan protokoler. Bila ke luar kota hanya dengan supirnya, Pak Sam. Sering kali beliau menerima undangan menikah dari warga hingga pelosok desa. Bila beliau berkesempatan maka akan datang dan ikut makan makanan yang disediakan dengan lahap," ungkapnya.

Menurut dia, Malut saat ini membutuhkan sosok pemimpin seperti Abah Acim. Siap melayani warga, egaliter dan tidak membedakan latar belakang warganya dalam memberikan pelayanan. "Apa yang pernah dijanjikan Abah Acim saat kampanye selalu ditepati. Untuk pelayanan kesehatan warga, misalnya, kami mendapatkan Jamkesda. Tak heran jika Abah Acim dikenal sebagai bapak pembangunan Halteng," jelasnya.

Junaedi menambahkan, sama seperti calon gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK), Abah Acim juga sangat perhatian dengan warga. Salah satunya sering datang bertakziah ke rumah warga yang meninggal dunia dan membantu dengan kiriman bahan pokok. 

Di kalangan ASN Pemkab Halteng, sambung dia, Abah Acim dikenal sangat baik memimpin dan memberi kepercayaan tinggi kepada birokrasi dibawahnya untuk melayani warga. "Baik Ustad AGK maupun Abah Acim adalah calon kepala daerah yang paling mudah diakses warganya," tutupnya.(Tim)
Komentar Anda

Berita Terkini