KSOP Kelas II Ternate Melakukan Pemeriksaan Alat Keselamatan Penumpang

/ Minggu, 10 Juni 2018 / 02.50
Tim gabungan melakukan operasi alat keselamatan penumpang, (Dok : Nasrul Muhlas)

TERNATE – Upaya memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jasa trasportasi laut. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate Armada Semut Mangga Dua Ternate. Sabtu (9/6/2018) siang tadi, gelar operasi pengawasan dan pemeriksaan terhadap atribut armada semut (Speedboat) yang beroprasi di pelabuhan Semut Mangga Dua, Kota Ternate, Maluku Utara.

Menurut Danpos Armada Semut Mangga Dua, Aslan Yusuf, menyatakan bahwa operasi ini untuk angkutan lebaran arus mudik Idul Fitri 1439 H 2018. Untuk itu, armada yang tidak memiliki atribut perlengkapan keselamatan di laut akan ditindak.

“ Armada semut yang beroperasi harus mengutamakan alat keselamatan penumpang sesuai kapasitas armada serta jumlah penumpang harus memenuhi kapasitas, dan tidak boleh ada penambahan kapasitas penumpang. Jika sudah sesuai dengan daya angkut armada, maka tidak boleh ditambah,” pungkasnya.

Arus mudik yang terpantau pagi tadi, kata Aslan, H-6 sudah mulai padat. Hal itu terlihat  di terminal pelabuhan semut mangga dua, dan akan terus dipantau sampai hingga jelang lebaran nanti.

“ Operasi angkutan lebaran melibatkan gabungan Polres Ternate, Basarnas, Polair Polda Malut, dan KPLP Semut Mangga Dua. Untuk operasi di kawasan terminal armada semut telah ditemukan 4 unit speedboat yang tidak memiliki perlengkapan keselamatan sesuai aturan,” beber Aslan.

Lanjutnya, empat speedboat kemudian tidak diizinkan operasi pada hari ini sampai alat keselamatan dilengkapi. 

“ Jika sudah dilengkap baru di ijinkan operasi. Dari sosialisasi itu, seluruh armada speedboat yang beroperasi jelang lebaran diharuskan melengkapi alat keselematan penumpang.

Untuk pelayanan, ujar Aslan, sejauh yang diberikan dari masyarakat cukup baik, dan saling membantu dari terutama Ketua aosiasi speedboat juga saling koordinasi dan mendukung operasi ini, tutupnya. (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini