Meski PPDB Sesuai Zonasi, SMA N 1 Ternate Menerima Siswa Berprestasi

/ Sabtu, 23 Juni 2018 / 00.02
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Ternate, Ramli Kamaludin

TERNATE –Sekolah menegah atas (SMA) Negeri 1 Kota Ternate membuka Penerimaan Peserta didik baru tahun pelajaran 2018/2019, Sesuai sistem zonasi yang di terapkan di semua SMA. Jumat (22/6/2018).

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Ternate, Ramli Kamaludin kepada Nusantaratimur.com mengatakan, Sesuai sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB), Berdasarkan surat keputusan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Maluku Utara Nomor : 421.4.01/2018 tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB), maka SMA N 1 Ternate masuk di wilayah sesuai kelurahan yakni Kecamatan Ternate Tenggah.

"Untuk murid di luar Zonasi yang di tetapkan, tidak bisa melakukan pendaftaran harus sesuai zonasi yang telah ditetapkan, Kecuali bersangkutan memenuhi syarat yang sudah di tentukan oleh SMA N 1 Kota Ternate yakni  harus memiliki sertifikat prestasi.jelas Ramli

Menurutnya, pembatasan Sistem Zonasi di terapkan agar semua sekolah sama merata tidak ada lagi nama sekolah favorit baik Negeri maupun Suasta.

Jalur untuk penerima peserta didik baru di SMA N 1 Kota Ternate sekitar 90% terbagi dalam tiga jalur yakni Jalur Domisili 50%,  jalur Prestasi 20%,  jalur Afirmasi (siswa tidak mampu) 20%, dan Jalur Non Zonasi sekitar 10% terdiri dari, jalur Prestasi 5%, dan jalur Khusus (perpindahan domisili karena tugas orang tua) 5% sesuai persyaratan yang di berikan masing masing.

Sambung Ramli, dengan jumlah kuota penerima peserta didik baru SMA N 1 Kota Ternate sebanyak 384 siswa yang suda di tetapkan oleh dinas dan terbagi 12 kelas, dengan pendaftaran mulai tanggal 22-23 juni 2018, dan waktu pengumuman siswa baru pada tanggal 25 juni 2018, serta daftar ulang siswa yang di terima 28 juni 2018.

Semoga Zonasi yang di terapkan dinas pendidikan untuk sekolah-sekolah yang ada di Kota Ternate khususnya SMA N 1 Ternate bisa berjalan dengan baik sesuai ketentuan, agar semua sekolah tampa terkecuali negeri maupun swasta bisa mendapatkan siswa yang sama merata. Harapnya (cul)
Komentar Anda

Berita Terkini