Pemkot Tidore Gelar Rapat Paten

/ Jumat, 29 Juni 2018 / 20.20
Illutrasi

TIDORE - Menindaklanjuti surat dari Gubernur dengan Nomor: 138/1999/BAK tanggal 2 April 2018 tentang Laporan dan Percepatan Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat terkait Paten  yang di ruang rapat walikota. Rapat yang dipimpin oleh Staf Ahli Walikota bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Asrul Sani Soleman diikuti oleh sejumlah Pimpinan SKPD yang mengurusi tentang Perizinan dan para Camat se Kota Tidore Kepulauan. Jumat (29/6/2018).

Asrul saat membuka rapat menyampaikan bahwa Paten merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan publik di Kecamatan yang sejalan dengan program Nawacita sebagai Program Strategis Nasional dari Presiden RI. PATEN sendiri diatur dalam  Permendagri No. 4 Tahun 2010 dan mengharuskan tiap Kecamatan dari Kabupaten/Kota untuk melaksanakannya.

Untuk itu, Kota Tidore Kepulauan diharapkan dapat bergerak cepat untuk melaksanakan Paten yang telah diamanatkan dalam Permendagri, ujarnya.

Sementara Kabag Organisasi Syofyan Saraha menyampaikan, kepada OPD yang mengurus perizinan untuk melakukan kajian untuk menentukan kewenangan perizinan apa saja yang dapat dilimpahkan di Kecamatan. Tetapi sebelumnya harus dibentuk tim teknis sesuai dengan Permendagri No. 4 Tahun 2010.

“ Untuk kewenangan pelimpahan nanti di kaji oleh OPD terkait,” tukasnya.

Sambung Sofyan, seluruh OPD terkait agar segera melakukan kajian dan hasil kajian akan diserahkan kepada bagian Organisasi, dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh tim tekhnis.

“ Sesuai arahan walikota agar setiap proses dilakukan dengan baik dan cepat. Hasil dari proses hingga pelaksanaan Paten dilaporkan kembali ke Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” tutupnya.(dar)
Komentar Anda

Berita Terkini