Penertiban APK, Baliho AGK-YA Dibiarkan Lolos

/ Senin, 25 Juni 2018 / 22.01
Alat peraga kampanye milik paslon nomor urut 3 AGK-YA yang masih berdiri di Jalan Karet Putih Desa Tomori, Senin (25/6/2018), meski APK milik paslon lain di daerah tersebut telah dibersihkan.

HALSEL - Penertiban alat peraga kampanye (APK) jelang Pemilihan Gubernur Maluku Utara menimbulkan tanda tanya publik. Pasalnya, H-2 pencoblosan, sebagian APK di pusat kota di Halmahera Selatan masih berdiri tegak.

Ambil contoh di jalan protokol Desa Tomori, Kecamatan Bacan.

Jalan menuju pusat pemerintahan ini masih diramaikan baliho berukuran besar pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Amatan nusantaratimur.com, salah satu baliho yang tampak mencolok adalah milik paslon nomor urut 3 Abdul Gani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-YA).

Baliho berisi gambar paslon, alasan memilih AGK-YA, serta ajakan untuk mencoblos nomor 3 pada 27 Juni itu berdiri tegak di Jalan Karet Putih, Tomori.

Salim Jabir, salah satu warga, mempertanyakan langkah Panitia Pengawas Pemilu yang tidak menerbitkan APK secara merata.

“Sedangkan punya paslon lain sudah dibersihkan. Di sepanjang jalan ini, punya paslon MK-Maju kemarin-kemarin juga banyak berdiri. Tapi sudah diturunkan semua. Kenapa yang ini tidak ditertibkan sekalian? Apa karena penguasa di Halsel dukung AGK-YA?" ungkapnya kepada nusantaratimur.com, Senin (25/6/2018).

Sementara Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Halsel Halid A. Radjak yang dikonfirmasi menuturkan hingga kini Panwas Kecamatan masih melakukan proses penertiban. Sesuai jadwal, penertiban dilakukan hingga Selasa (26/6/2018).

“Pokoknya sebelum pencoblosan semua APK sudah harus bersih, kecuali di posko-posko," tuturnya.

Halid juga berjanji akan meminta keterangan Panwascam tentang pembersihan APK yang dinilai tak adil.

“Sampai saat ini mereka (Panwascam, red) masih penertiban. Tapi nanti saya tanyakan kenapa yang itu belum diturunkan," ujarnya. (iel)
Komentar Anda

Berita Terkini