Penuh Sampah, Pantai di Desa Sapa Butuh Perhatian Serius

/ Minggu, 17 Juni 2018 / 00.49
Sampah yang berserakahdi di pantai Sapa. (dok : Olivia)

MINSEL, Sulut - Tidak ada Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang memberian sanksi terhadap warga yang membuang sampah plastik di sembarangan tempat. Hal itu membuat tempat destinasi wisata di Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), tepatnya di Desa Sapa kerap dipenuhi sampah plastik.

Salah seorang pemerhati Alam, Wanly Todano kepada wartawan, menyayangkan keberadaan sampah plastik berserakan di pantai. Menurutnya, pantai yang ada di Desa Sapa sangat indah, bahkan bisa dikategorikan sudah masuk ikon wisata. Karenanya, bisa menyaingi keindahan destinasi wisata yang ada di tempat lain. Namun sayangnya kotor.

 "Kita sebagai masyarakat pemerhati alam sangat menyayangkan keberadaan sampah plastik ini. Padahal, pantai ini sangat indah. Bahkan menurut saya, pantai ini bisa menyaingi destinasi wisata dunia lainya," ujarnya.

Ia berharap, kiranya pemerintah dan warga setempat dapat berkerja sama untuk menjaga keindahan pantai agar bebas dari sampah plastik.

"Harapan kita semoga pemerintah dan masyarakat yang ada di sini dapat bekerjasama mo jaga pantai-pantai di sini, supaya bebas dari sampah plastik. Karena pantai ini bisa jadi sebagai icon wisata," kata Wanly.

Sambung Wanly, destinasi wisata yang yang indah sekarang ini mulai dipenuhi sampah plastik. Ia beranggapan, dimana hal ini dikarenakan belum adanya Perda yang memberi sanksi mengenai hal ini.

Wanly berharap legislatif dan eksekutif dapat memperhatikan hal tersebut, agar tidak merusak destinasi wisata pantai dan taman laut yang ada di kabupaten Minsel umumnya.

"Kalau sekarang ini kita lihat pantai yang indah sudah mulai dipenuhi sampah plastik. Ini mungkin karena belum adanya Perda yang mengatur tentang pemberian sanksi terhadap warga yang membuang sampah plastik di sembarang tempat. Saya berharap kiranya pihak legislatif dan eksekutif dapat memberi perhatiakan kusus mengenai kondisi ini," tukasnya. (Olive)
Komentar Anda

Berita Terkini