Perdana Berkantor, Sekda Halsel Membolos

/ Kamis, 21 Juni 2018 / 15.54
Sekda Halsel Helmy Surya Botutihe

HALSEL - Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi agar semua PNS wajib berkantor kembali hari ini tidak dipatuhi sebagian PNS Halmahera Selatan. Berdasarkan hasil inspeksi mendadak yang dilakukan Wakil Bupati Iswan Hasjim, Kamis (21/6/2018), masih ada sekitar 20 persen pegawai yang membolos di hari perdana pasca libur lebaran.

Sidak dilakukan Wabup di ruangan-ruangan di Kantor Bupati seperti Bagian Humas dan Protokoler, Pemerintahan, dan Bagian Umum. Ketidakhadiran sebagian pegawai membuat perkantoran tersebut tampak sepi. Mirisnya, ruangan Sekretaris Daerah juga masih terkunci rapat. "Pak Sekda belum ada," kata salah satu staf di Sekretariat.

Wabup juga mengakui ketidakhadiran Sekda Helmi Surya Botutihe pada hari pertama. Namun menurutnya, Helmi tengah menjalani pengobatan. "Pak Sekda masih berobat di luar daerah," ungkap Iswan di sela-sela sidak.

Dia memastikan, para PNS yang membolos bakal menerima sanksi dari Menpan-RB lantaran memperpanjang hari libur pasca lebaran. “Absen sejumlah PNS yang bolos ini akan dikirim secara online ke Menpan-RB melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” tuturnya.

Setelah laporan dimasukkan ke sidina.menpan.go.id, selanjutnya daerah menunggu hasil dari Menpan-RB berupa sanksi yang bakal dikeluarkan. Iswan mengaku, sanksi tersebut berupa sanksi disiplin. “Sanksinya tidak terlalu berat, hanya berupa sanksi disiplin saja,” katanya.

Menurut Iswan, pada hari pertama masuk kantor PNS lingkup Pemkab Halsel yang berkantor sudah sebagian besar, yakni berkisar 80 persen. “Alhamdullilah hari pertama berkantor ini sudah 80 persen yang masuk,” pungkasnya. (iel)
Komentar Anda

Berita Terkini