Wawali Tidore Membuka Secara Resmi Pelatihan, Penyuluh, Pertanian dan Workshop Agrobisnis

/ Senin, 25 Juni 2018 / 23.55

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen Saat Memberikan Sambutan di Acara Pelatihan Penyuluh Pertanian dan Workshop Agrobisns. Senin (25/6) 
TIDORE- Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen membuka secara resmi Pelatihan Penyuluh Pertanian dan Workshop Agrobisnis yang bertempat di aula dinas pertanian Kota Tidore Kepulauan. Senin (25/6/2018)

Kegiatan ini merupakan Rancangan Proyek Perubahan Kepala Dinas Pertanian dengan Judul Strategi Peningkatan Pendapatan Petani Melaui Capacity Building Penyuluh Pertanian Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018, kegiatan ini merupakan salah satu syarat dalam melengkapi Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Lembaga Administrasi Negara Angkatan Ke V Kelas A.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, dalam sambutannya mengatakan, Penyuluh Pertanian memiliki potensi yang strategis dalam peningkatan kualitas petani, kehadiran para tenaga pendamping penyuluh pertanian dalam kehidupan masyarakat yang sedang membangun semakin dirasakan manfaatnya, terutama untuk meningkatakan taraf hidup masyarakat petani serta dapat meningkatkan kemampuan dalam merealisasikan kegiatan untuk peningkatan pendapatan serta sumber daya alam secara berkelanjutan.

“dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa memberikan solusi bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian,meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong swasembada pangan di Kota Tidore Kepulauan”.  Jelasnya

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tidore, Imran Jasin mengatakan Sebagian besar masyarakat petani Kota Tidore kepulauan adalah petani perkebunan yaitu pekebun tanaman pala, tanaman cengkih dan tanaman kakao. Sedangkan masalah yang dihadapi petani adalah produksi tanaman yang rendah, pendapatan petani rendah serta tingkat pengetahuan dan ketrampilan petani dan penyuluh pertanianpun rendah.

Untuk itu maka sasaran proyek perubahan ini adalah pada pengembangan kapasitas penyuluh pertanian agar mampu meningkatkan pendapatan petani.
“Pentingnya elemen sumberdaya manusia  serta merupakan faktor utama dan penentu dalam mengsukseskan program pembangunan pertanian maka sumberdaya manusia haruslah dikelola dengan baik terutama sumberdaya penyuluh sebagai garda terdepan dalam pengembangan sektor pertanian”. Ucap Muhammad Sinen


Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Maluku Utara, Bram Bramantiyo dan 50 orang peserta penyuluh pertanian  serta 30 orang peserta petani perkebunan. Turut hadir juga Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Hj. Nursani kompeni dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Maluku Utara, H. Ahmad Amari. (Dar)

Komentar Anda

Berita Terkini