Baru 4 Parpol yang Daftar, 80 Persen Syarat Sudah Lengkap

/ Senin, 16 Juli 2018 / 21.44
Komisioner KPU Halmahera Utara Iwan Hi Kader.

HALBAR - Jelang injury time batas waktu pendaftaran peserta pemilihan legislatif 2019, baru ada empat partai politik yang mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat. Itu berarti, 12 partai lainnya akan mendaftar pada hari terakhir pendaftaran, yakni 17 Juli.

"Yang sudah daftar itu Nasdem, Golkar, Hanura dan Perindo, dari 16 parpol di Halbar," kata Komisioner KPU Halbar Divisi Pencalonan dan APK, Iwan Hi. Kader, Senin (16/7/2018).

Menurutnya, berdasarkan jadwal pendaftaran akan ditutup pada Selasa (17/7) pukul 00.00. Setelah itu langsung diikuti pleno penutupan pendaftaran.

"Hasil rekapan administrasi memang ada yang belum lengkap, namun alhamdulillah dari segi administrasi dan persyaratan sudah 80 persen lengkap. Sisanya nanti di tahapan perbaikan," akunya.

Dengan sisa waktu yang hanya sehari, Iwan berharap parpol dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin. Dengan begitu, semua parpol bisa terdaftar sebagai peserta pemilu.

"Apabila tidak masukan pendaftaran pastinya akan gugur dengan sendirinya. Total bacaleg di Halbar 400 orang yang memperebutkan 25 kursi. Dapil satu 11 kursi, dapil dua 7 kursi, dan dapil tiga 7 kursi,” terangnya.

Iwan menambahkan, terkait dualisme kepengurusan Partai Golkar di Halbar, KPU akan melakukan koordinasi dengan Dewan Pimpinan Pusat Golkar. “Juga koordinasi dengan KPU Provinsi Malut dan DPD Golkar Malut," jelasnya.(ncs)
Komentar Anda

Berita Terkini