BLK Halbar Cuma Jadi Pajangan

/ Rabu, 11 Juli 2018 / 23.30
Proyek BLK gagal di Halmahera Barat

HALBAR - Bangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Halmahera Barat yang terletak di Kecamatan Sahu Timur hanya menjadi proyek gagal yang menggerus keuangan negara. Dibangun pada 2009 dengan anggaran dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, gedung tersebut tak pernah difungsikan. Alhasil, saat ini hanya tampak seperti bangunan tua yang diselimuti rumput liar dan jadi pajangan semata.

Tiga bangunan BLK yang letaknya di Desa Goal itu selesai dibangun pada 2011 silam. Sejak itu, tak pernah ada aktivitas di dalamnya lantaran pekerjaan proyek tak disertai pengadaan mobiler. "Setelah dibangun tidak ada mobiler jadi gedung BLK itu tidak berfungsi," kata Kepala Desa Goal Alex Wambelu ketika ditemui di rumahnya, Rabu (11/7/2018).

Ia berharap, gedung tersebut bisa secepatnya difungsikan. Dengan begitu, masyarakat yang masih menganggur bisa mengikuti pelatihan di BLK. "Dengan difungsikan masyarakat bisa mengikuti pelatihan di BLK," harapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Nakertrans Halbar Hawa Do Samad menyatakan, sudah ada perintah dari Bupati Danny Missy untuk mengaktifkan BLK. Namun ia mengakui saat ini masih terkendala mobiler. "Karena setelah bangun tersebut tidak langsung diresmikan dan mobilernya juga belum ada," tuturnya.

Dia menuturkan, ada anggaran sebesar Rp 300 juta untuk pengadaan mobiler. Namun menurutnya anggaran tersebut tak akan mencukupi. Karena itu, dana itu rencananya digunakan untuk peresmian pada September mendatang. "Kita akan buat usulan pengadaan mobiler melalui perubahan anggaran, sehingga saat peresmian sudah ada sedikit mobiler," sambung Hawa.

Ia menambahkan, sebelum peresmian, Nakertrans bakal melakukan pembersihan dan pembangunan pagar keliling. "Karena sama saja jika dilakukan pengadaan mobiler tapi tidak bisa dijamin keamanannya, maka akan rawan pencurian," pungkasnya.(NCS)
Komentar Anda

Berita Terkini