BPD Desa Sarau Sesalkan Kinerja Kades

/ Selasa, 31 Juli 2018 / 22.32
Ketua BPD Desa Sarau Yuvel Salama.
 
HALBAR - Kepala Desa Sarau, Kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Utara, Apnasius Koranyo, dinilai mengabaikan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dalam setiap menjalankan tugas pokoknya, diantaranya Laporan penyelenggara Akhir tahun atau Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD).

Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Desa Sarau Yuvel Salama, mengatakan kewajiban Kades adalah melaksanakan tugas (berkantor), namun hal itu tidak pernah dilaksanakan selama kurang lebih 2 tahun setelah pelantikan.

"Seharusnya kepala desa memberikan laporan penyelenggara secara tertulis ke BPBD setiap akhir tahun sebagaimana tertuang dalam UU nomor 6 tahun 2014 pasal 27 poin C, namun hal itu tak pernah direalisasi selama kurang lebih dua tahun,” ujar Yuel.

Untuk itu ia mendesak pemerintah daerah melalui DPMPD untuk segera mengevaluasi kinerja kepala desa Sarau, melalui surat resmi yang akan diberikan BPD. 

“selain menyurat ke BPMD kami juga akan melaporkan persoalan tersebut ke Bupati. janga hanya dijadikan BPD sebagai pelengkap dalam Struktur Desa," tutupnya.(ncs)
Komentar Anda

Berita Terkini