Demi Pembentukan Desa Mandiri, Masyarakat Guraping Temui Dua Pimpinan Kota Tidore

/ Selasa, 31 Juli 2018 / 22.53
Foto wakil Walikota Tidore Muhamad Sinen dan masyarakat Guraping. Selasa (31/7)

TIDORE- Keinginan besar masyarakat lingkungan satu sukma Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Utara untuk membentuk Desa mandiri nampaknya sudah bulat. sehingga sejumlah perwakilan masyarakat lingkungan satu sukma melakukan pertemuan dengan Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen yang bertempat di ruang rapat Kantor Walikota, Selasa (31/7/2018)

Dalam pertemuan tersebut, Sebanyak 20 orang perwakilan masyarakat berharap agar pemerintah Daerah menyetujui usulan dimaksud. Adapun draf usulan telah diajukan, terlampir seluruh informasi terkait  lingkungan satu sukma, Salah satunya terkait jumlah kepala keluarga (kk) yang mencapai sekitar 255 kk dengan jumlah jiwa 1.271.

Walikota pada kesempatan tersebut menerima usulan disampaikan warga dan berjanji akan menindak lanjuti usulan tersebut bersama Tim yang dibentuk khusus untuk membahas masalah pemekaran Desa.

“ Saya sangat apresiasi usulan ini dan sudah tentu akan di tindak lanjuti dengan pengkajian soal kelayakannya untuk dimekarkan, apakah sudah memenuhi atau belum,” Jelas Walikota
Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kota Tidore Kepulauan, Rudy Ipaenin menjelaskan, ada perbedaan antara pemekaran Desa, untuk pemekaran desa yang berasal dari Desa induk.

 “pemekaran harus didahului dengan kajian dan kemudian dibuat peraturan walikota tentang pembentukan Desa persiapan, Jadi Desa persiapan itu hanya dengan peraturan walikota, masanya itu 1 sampai 3 tahun dan memenuhi persyaratan maka akan menjadi Desa definitif,” Jelasnya

Lanjutnya, Sementara untuk lingkungan di Kelurahan Guraping, karena merubah status menjadi Desa tidak perlu melewati Desa persiapan tetapi melalui kajian rancangan peraturan Daerah (Perda) dan diusulkan ke DPRD, jika disetujui maka langsung berubah status menjadi Desa definitif.

Sampai sejauh ini, sudah ada 13 rencana pembentukan Desa dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan, di Kecamatan Oba Utara sebanyak empat, Kecamatan Oba Tengah sebanyak tiga, Kecamatan Oba sebanyak empat, dan Kecamatan Oba Selatan sebanyak dua. Ungkapnya (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini