Di Halsel Suami Istri Jadi Caleg

/ Selasa, 17 Juli 2018 / 22.29
Djamila Hi. Husen, caleg Golkar untuk daerah pemilihan 2. Djamila merupakan istri Umar Hi. Soleman, Ketua Golkar Halsel yang juga maju sebagai caleg Golkar di dapil 5.
 
HALSEL – Ada yang unik dengan konfigurasi susunan calon anggota legislatif Partai Golkar Halmahera Selatan. Pasalnya, terdapat pasangan suami istri yang sama-sama mengajukan diri sebagai caleg. Mereka adalah Ketua Golkar Halsel Umar Hi. Soleman dan istrinya Djamila Hi. Husen.

Umar yang juga Ketua DPRD Halsel saat ini maju lagi di daerah pemilihan 5 Bacan Timur-Bacan Selatan. Sementara sang istri di dapil 2 Makian-Kayoa. 

Amatan nusantaratimur.com, pengurus partai berlambang beringin itu mendaftar ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Selasa (17/7/2018) malam sekitar pukul 11. Kedatangan para pengurus disertai Ketua Golkar, sedangkan Djamila sama sekali tak tampak. Pendaftaran Golkar berjalan tertib dan mulus.

Komisioner KPU Halsel Darmin Hi. Hasyim menuturkan, tak ada aturan yang membatasi suami istri atau pun anak untuk sama-sama mencalonkan diri sebagai anggota DPRD. Karena itu, menurutnya sah-sah saja jika Umar maju bersama sang istri. "Secara aturan tidak membatasi, masing-masing punya hak sebagai warga negara," katanya.

Kendati demikian, Darmin enggan memberikan keterangan lebih lanjut terkait Umar dan istrinya yang maju sebagai caleg Golkar. "Memang Golkar sudah mendaftar, tapi saya tidak tahu yang mana istri dari Ketua Golkar Halsel," tuturnya.

Di sisi lain, seluruh parpol telah menuntaskan sesi pendaftaran mereka di KPU tepat waktu. Meski sebagian besar partai baru menyerbu KPU di injury time, seluruh pendaftaran dapat diterima sesuai jadwal. 

“Semua partai sudah mendaftar ke KPU. Termasuk PDIP dan PKPI yang sempat kurang berkasnya pun sudah dilengkapi sebelum berakhirnya masa pendaftaran tadi,” pungkas Darmin.(iel)
Komentar Anda

Berita Terkini