Dispora Tikep Gelar Diklat Paskibraka

/ Jumat, 13 Juli 2018 / 23.14
Diklat Paskibraka

TIDORE - Jelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 pada tanggal 17 Agustus mendatang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Diklat Paskibraka) tingkat Kota Tidore Kepulauan yang dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Muhammad Yasin, di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota, Jumat (13/7/2018).

Muhammad Yasin saat membacakan sambutan Wali Kota Tidore Kepulauan mengatakan bahwa calon Paskibraka merupakan orang terpilih yang diberikan kehormatan serta kebanggaan untuk mengibarkan bendera merah putih dari sekian banyak pelajar tingkat SMA sederajat di Kota Tidore Kepulauan. Tentunya merupakan sebuah kehormatan, karena mendapatkan kepercayaan untuk ikut serta dalam pendidikan dan pelatihan dalam mengemban tugas mulia pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus mendatang. 

Oleh karena itu, laksanakan kepercayaan, kehormatan dan tugas ini dengan sebaik-baiknya. Jadikan momentum diklat Paskibraka sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah ke depan, mempersiapkan diri untuk menjadi putera-puteri terbaik daerah yang memiliki akhlak dan budi pekerti, cerdas, berpengetahuan, memiliki semangat untuk mengabdi dan berbuat yang terbaik untuk negara.

Selain membuka Diklat Paskibraka, atas nama Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Yasin  juga melepas salah satu siswi SMA N 1 Tidore Kepulauan yang lolos sebagai Calon Paskibraka tingkat Nasional, Intan Fadhila M. Sirajuddin dan tiga orang calon Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku Utara masing-masing, Zulfitrah Nenengko dari MA Nurul Jihad Tului Kecamatan Oba, Barus Pratama dari MA Dowora Kecamatan Tidore Timur dan Dewi Khazanah Malik dari SMA N 2 Tidore Kepulauan Kecamatan Tidore Selatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan, Ali Dukomalamo melaporkan bahwa para peserta Calon Paskibraka (Capas) Kota Tidore Kepulauan berjumlah 44 orang, terdiri dari 3 Calon Paskibraka tingkat Propinsi  dan 1 orang Calon Paskibraka tingkat Nasional dari sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) se Kota Tidore Kepulauan. Sebelum mengikuti kegiatan pembukaan Diklat paskibraka, para Calon Paskibraka telah melalui proses seleksi dan selanjutnya dibimbing oleh para pelatih yang terdiri dari unsur TNI-Polri bersama Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tidore Kepulauan selama tiga hari.

Setelah melaksanakan tugas sebagai pasukan pengibar dan penurunan bendera nanti para peserta Paskibraka Kota Tidore Kepulauan akan melaksanakan kunjungan wawasan kebangsaan di Kota manado Sulawesi Utara pada tanggal 24 Agustus 2018 nanti.

Acara yang ditutup dengan pembacaan Dharma Mulia Putra Indonesia oleh salah satu anggota calon Paskibraka tersebut turut dihadiri oleh anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Ade Kamma, para Asisten dan Staf ahli Wali Kota, sejumlah pimpinan SKPD dan orang tua dari para anggota calon Paskibraka Kota Tidore Kepulauan.(dar)
Komentar Anda

Berita Terkini