DPMPD Halbar Gelar Sosialisasi Pilkades

/ Kamis, 19 Juli 2018 / 20.43
Sosialiasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018.

HALBAR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Halmahera Barat melaksanakan sosialiasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018.  Kegiatan yang digelar di Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar itu membahas tentang Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pilkades. Sosialisasi ini bertujuan agar tahapan pelaksanaan pilkades nanti bisa berjalan sesuai mekanisme serta aturan perundang-undangan yang berlaku.

Asisten II Setda Halbar Drs. Marcus Saleky dalam sambutannya mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa secara signifikan telah memberi perubahan terhadap dinamika ketatanegaraan di Indonesia. "Undang-undang desa secara tegas memberikan kejelasan status desa dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia," ujar Marcus.

Ia menambahkan, kejelasan status tersebut memiliki arti penting. Mengingat ini akan memberikan kemandirian lebih bagi desa untuk mengembangkan potensi lokal. "Memberikan akses pelayanan publik yang lebih mudah kepada masyarakat yang pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan yang merata bagi masyarakatnya," ungkapnya.

Menurut Marcus, pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat. "Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Halmahera Barat sangatlah penting artinya bagi kesinambungan roda pemerintahan di tingkat desa," katanya.

Hal ini didasari oleh Perda Kabupaten Halbar tentang Pemilihan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, serta Peraturan Bupati Halmahera Barat Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018. 

"Sehingga nantinya melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan  kondisi pilkades aman dan kondusif, serta menghasilkan figur kepala desa terpilih yang mampu memimpin desanya dengan baik dan membawa masyarakatnya menuju keadaaan yang lebih maju dan sejahtera," tutur Marcus. "Serta mampu mengelola anggaran untuk pembangunan fisik, ekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku."

Ia mengimbau, melalui sosialisasi ini pula tentunya juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pelaksanaan dan peraturan atau regulasi perundang-undangan yang ada. "Terutama kepada perangkat pelaksana terkait agar paham dan bisa memahamkan, serta dapat menyatukan persepsi kepada bakal calon," tandas marcus.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Pemerintahan Boby Djumati, Staf Ahli Bidang Sosial dan SDM Fredik Budiman, Wakil Ketua II DPRD Halbar Nikodemus D. Ratulangi, Kepala DPMD Asnat Sowo, Kepala Kesbangpolda Muhammad Syarif A. Ali, para camat se-Halbar, dan para ketua BPD serta panitia pelaksana pilkades.(ncs)
Komentar Anda

Berita Terkini