DPRD: Target PAD Pemda Halbar 'Asal Bapak Senang'

/ Rabu, 11 Juli 2018 / 22.25

Ibnu Saud Kadim

HALBAR – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat Ibnu Saud Kadim menyebut target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Halbar bersifat "Asal Bapak Senang". 

Dimana target yang dipasang terlalu tinggi hingga terkesan tidak realistis. "Target PAD Pemda Halbar itu ke depan nanti jangan terlalu tinggi karena rata-rata setiap tahun target tinggi realisasinya selalu di bawah 50 persen," ujar Wakil Ketua I DPRD Ibnu Saud Kadim kepada nusantaratimur.com, Rabu (11/07/2018).

Ibnu menegaskan, Pemda harus mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan daerah yang baru. Dengan begitu, realisasinya tidak lari jauh. "Jadi identifikasi PAD harus semaksimal mungkin supaya target tidak lari jauh, misalkan target Rp 25 miliar dapat Rp 23 miliar. Itu kan masih wajar,” katanya.

Namun kenyataannya, sambung politikus Partai Demokrat itu, sebagian besar organisasi perangkat daerah (OPD) tak mencapai target PAD yang ditetapkan. Rata-rata penerimaannya di bawah 50 persen dari target. Misalnya OPD yang targetnya setahun Rp 49 miliar hanya berhasil meraup Rp 22 miliar.
"Berarti Pemda punya target pendapatan ini benar-benar tidak terukur, ataukah hanya karena 'asal bapak senang',” sentilnya.

Kendati demikian, Ibnu enggan membeberkan OPD mana saja yang kinerja penerimaan PAD-nya di bawah standar. Ia hanya mendesak bupati agar segera mengevaluasi pimpinan SKPD yang dinilainya tidak berbobot. 

"Sebaiknya digantikan dengan yang memiliki konsep pembangunan sehingga bisa menggenjot PAD. Proyeksi pajak pendapatan tahun depan itu dimana-mana saja yang Pemda dapatkan, perbandingannya tahun ini dapat berapa agar target tersebut terukur. Dan SKPD yang tidak serius kerja bupati harus tegaskan,” tutupnya.(NCS)
Komentar Anda

Berita Terkini