H-2 Pendaftaran Pileg, Baru 3 Parpol Terdaftar

/ Minggu, 15 Juli 2018 / 20.31


Komisioner KPU Halmahera Selatan Darmin Hi Hasyim.

HALSEL - Tahapan pendaftaran bakal calon anggota DPR/DPRD tinggal dua hari lagi. Meski begitu, hingga H-2 baru tiga partai politik di Halmahera Selatan yang mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketiga parpol tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Garuda, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Komisioner KPU Halsel Darmin Hi Hasyim menuturkan, masih ada 13 parpol yang belum mendaftar, yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Berkarya, dan Partai Keadilan Sejahtera. Ada pula Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Amanat Nasional, Partai Hanura, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Darmin juga mengimbau pengurus parpol agar segera mendaftarkan partai mereka. Sebab pendaftaran tak bisa lagi dilakukan jika waktu yang telah ditentukan terlewatkan.

"KPU pada dasarnya bekerja sesuai dengan jadwal. Jika sampai batas akhir pendaftaran partai tidak melakukan pendaftaran caleg maka dipastikan partai tersebut tidak menjadi kontestan pemilu 2019 di Halsel," tegasnya, Minggu (15/7/2018).

Di sisi lain, Darmin menambahkan kepengurusan Partai Hanura di Halsel kini tak lagi bermasalah. Berdasarkan Surat Keputusan Kemenkumham, kepengurusan Robby Sondakh selaku ketua dan Usman Hamzah selaku sekretaris lah yang diakomodir KPU. "Jadi tidak ada masalah lagi," katanya.

Sementara Iswan Hasjim yang sebelumnya sempat "memperebutkan" kursi Ketua Hanura dengan Robby mengaku sudah legawa dengan putusan Kemenkumham. Baginya, yang paling penting adalah keberlangsungan partai.

"Tidak masalah, yang penting Hanura eksis dan saya tetap mendukung untuk bisa meraih partai pemenang pileg di Halsel," ujar Iswan yang juga Wakil Bupati Halsel tersebut.(iel)
Komentar Anda

Berita Terkini