Halik Moti : Kinerja Bawaslu Malut Tidak Independen

/ Selasa, 24 Juli 2018 / 00.44

Massa Aksi saat mendatangi Kantor Bawaslu Malut
TERNATE -   Kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut) mengenai penanganan sejumlah temuan pelanggaran di Pilkada Malut tidak independen.

Buruknya kinerja Bawaslu Malut dalam menanggani temuan pelanggaran. Hal itu memicuh masyarakat Malut yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat untuk Demokrasi terus melakukan pressur dengan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu Malut Jalan Makugawene No. 5, Kelurahan Tabona, Kota Ternate Selatan. Senin (23/7/2018).

Halik Moti  dalam orasinya di depan Kantor Bawaslu Malut, menyatakan dalam Undang-Undang  Pemilu Nomor 15 Tahun 2011 menjelaskan secara detail bahwa kedudukan Bawaslu bukan hanya ditingkat Provinsi, namun lembaga pengawas ini juga sampai ke tingkat Kab/Kota, kecamatan dan desa. 

Lanjut Halik,  namun ironisnya yang terjadi saat ini seakan-akan tidak ada hubungan antara lembaga. Karenanya,   pada hari pencoblosan tanggal 27 Juli lalu. Terindikasi ada temuan pelanggaran di beberapa daerah, namun sayangnya temuan tersebut tidak tindaklanjuti oleh Bawaslu Malut.

“ Banyak laporan pelanggaran di beberapa daerah ke Bawaslu Malut, tetapi temuan itu seharusnya Bawaslu Malut, secepatnya mengambil langkah untuk segera melakukan rekomendasi kepada  KPU untuk menyelesaikan pelanggaran yang di lakukan salah satu pasangan calon gubernur jangan hanya tinggal diam seakan tidak ada masalah,” cetus Halik.

Tak hanya itu, Halik Moti juga meminta KPU Malut sebagai lembaga penyelengara pemilu harus jelih dalam melihat pelanggaran yang terjadi dibeberapa daerah agar tidak terindikasi mengabaikan sejumlah temuan pelangaaran.

“ KPU harus konsisten dalam menanggani sejumlah pelanggaran bukan mengabaikan temuan pelanggaran,” ujarnya.


Dalam aksi ini, massa unjuk rasa juga membongkar pagar kantor Bawaslu Malut karena kesal dengan kinerja komisioner Bawaslu Malut dalam menangani temuan pelanggaran yang dinilai jalan di tempat
 


Selain itu, aksi unjuk rasa Aliansi Masyarakat Untuk Demokrasi juga mendatangi Kantor KPU Malut dan Kantor Polda Malut. (cul)

Komentar Anda

Berita Terkini