Horeee, Esok Sertifikasi Guru di Halbar Cair

/ Selasa, 17 Juli 2018 / 20.17
Plt Kepala Dikbud Halmahera Barat Pelipus Piuw.

HALBAR – Ini merupakan kabar gembira bagi para guru di Kabupaten Halmahera Barat. Setelah sempat tertunda berbulan-bulan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Halbar dikabarkan bakal mencairkan dana sertifikasi guru triwulan I tahun 2018 besok (18/7/2018).

Plt Kepala Dikbud Halbar Pelipus Piuw mengatakan, dana sertifikasi untuk guru sudah ditindaklanjuti dari keuangan ke rekening masing-masing guru. "Yang menjadi kendala adalah keterlambatan dari pusat ke daerah. Namun besok itu sudah dipastikan disalurkan karena sudah ditransfer," ujar Pelipus kepada nusantaratimur.com, Selasa (17/7/2018).

Ia menambahkan, besaran anggaran pembayaran dana sertifikasi guru berbeda di tiap daerah, pasalnya, pembayaran disesuaikan dengan pangkat dan golongan. "Di Halmahera Barat ini total guru 657  yang sudah tersertifikasi," jelasnya.

Pelipus menjabarkan, sudah dua triwulan belakangan dana sertifikasi guru belum terbayarkan. Sebab pemerintah daerah juga harus menunggu transferan dana dari pusat. “Jadi keterlambatan ini bukan dari kami tetapi keterlambatan ini dari pusat," ungkapnya.

Untuk triwulan I, total dana sertifikasi Halbar sebesar Rp 8 miliar, tunjangan profesi sebesar Rp 6 miliar, dan tunjangan guru daerah terpencil sebesar Rp 1 miliar lebih.

Saat ini, Halbar memiliki 47 guru gugus depan (GGD) yang tersebar di daerah terpencil seperti Kecamatan Ibu dan Loloda. “Sedangkan untuk triwulan dua kami belum bisa pastikan karena ini semua dari pusat dan laporan itu dari kami juga,” tutup Pelipus.(ncs)

Komentar Anda

Berita Terkini