Jelang Pileg 2019, Caleg Serbu Pembuatan SKCK

/ Kamis, 05 Juli 2018 / 01.02
Suasana Pembuatan SKCK di Polres Minsel. Rabu (4/7/2018)
MINSEL - Pengajuan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) mengalami peningkatan dari hari biasanya sejak beberapa waktu lalu.

Peningkatan ini di dasarkan akibat banyaknya pemohon mengajukan pembuatan SKCK untuk keperluan persyaratan calon legislatif di wilayah Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tengara (Mitra).

Pantauan wartawan media ini, ada beberapa anggota legislatif dari wilayah Kabupaten Minsel dan Kabupaten Mitra yang masih aktif mendatangi Polres Minsel untuk keperluan SKCK,

Saat di konfirmasi Kapolres Minsel melalui Wakapolres Minsel Kompol Prevly Nevy Tampanguma, membenarkan terkait peningkatan, menurutnya peningkatan terjadi akibat banyaknya pemohon mengajukan pembuatan SKCK.

"Peningkatan pengajuan pembuatan SKCK sudah terjadi semenjak senin kemarin hingga hari ini".ungkapnya. Rabu (4/7/2018)

Lanjutnya, peningkatan tersebut di dominasi para caleg yang akan bertarung dalam pileg 2019 nanti karena kebanyakan yang mengajukan pengurusan SKCK bertujuan memenuhi syarat untuk maju sebagai calon anggota Legislatif yang saat ini sudah tahap pendaftaran.

“Dari tanggal 21 Juni untuk pemohonan grafiknya sudah meningkat hingga saat ini sekitar 200 orang membuat
SKCK. Untuk persyaratan caleg sendiri pemohon sekitar 100 orang, dan sudah terlayani semua dengan baik,” ujarnya.

Menurutnya, untuk pembuatan SKCK sudah sesuai dengan standar dari Negara dengan besaran PNBP Rp. 30 ribu. Ia juga memastikan tidak ada pungutan tambahan selain nilai PNBP tersebut.

“Diharapkan bagi masyarakat yang ingin membuat SKCK silahkan datang sendiri, karena tidak ada yang dipersulit ataupun menyusahkan masyarakat dalam proses pembuatan SKCK,” katanya.

Selain itu, Polres juga melayani legalisir SKCK bagi masyarakat yang ingin memperbanyak guna melengkapi persyaratan administrasi pendaftaran tertentu.

“masyarakat tinggal menyiapkan fotokopi KTP, pas photo, rekomendasi Polsek, kartu sidik jari, akta kelahiran dan paspor bagi yang memiliki,” tutup Kompol Prevly Nevy Tampanguma. (Irham)
Komentar Anda

Berita Terkini