Kades Togasa Versus Warga, Dua Orang Dilarikan ke RS

/ Sabtu, 21 Juli 2018 / 01.19
Kepala Desa Togasa, Noak Ganap, saat diamankan polisi ke Mapolres Halut, Jumat (20/7/2018) malam.

HALUT - Kepala Desa Togasa, Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara, terlibat perkelahian dengan sekelompok warga Desa Tutumaloleo, Galela Utara, Jumat (20/7/2018). Bentrok menggunakan benda tajam itu menimbulkan beberapa korban luka. 

Agar tak menimbulkan keributan lebih lanjut, polisi pun mengamankan kades tersebut ke kantor polisi.

Peristiwa itu bermula saat sekelompok warga Tutumaloleo berjumlah sekitar 6 orang mendatangi rumah Kades Togasa, Noak Ganap, pada pukul 14.30 WIT. 

Mereka hendak menyelesaikan persoalan lahan dan berniat mengukur sepetak lahan yang tengah menjadi sengketa. Pengukuran tersebut didasarkan pada surat yang telah dibuat warga Tutumaloleo, Jarman Jurumudi alias Kulintang.

Sayangnya, upaya penyelesaian persoalan itu tak berjalan mulus. Terjadi kesalahpahaman yang berujung adu mulut antara kedua belah pihak. Kulintang yang tak dapat menahan diri langsung memukul si kades di bagian kepala.

Tak terima, Noak pun balas memukul dan pecahlah perkelahian. Kulintang lalu meminta parang yang dipegang rekannya, Rahman Rajuna. Namun sebelum parang didapat, Noak sudah lebih dulu menikam lawannya itu dengan sebilah pisau.

Rahman pun mencoba menyerang Noak dengan parang. Noak berhasil menepis dan senjata itu terjatuh dari tangan Rahman. 

Kesempatan ini dimanfaatkan Noak. Ia mengambil parang tersebut dan kembali menikam Rahman. Warga Tutumaloleo langsung berlarian menyelamatkan diri.

Akibat kejadian tersebut, Kulintang dan Rahman harus dilarikan ke RSUD Tobelo untuk mendapat perawatan medis. Noak sendiri juga terluka di tangannya lantaran mencoba menangkis tebasan parang Rahman.

Warga Tutumaloleo yang menjadi korban dalam perkelahian melawan Kades Togasa, Noak Ganap, Jumat (20/7/2018).

Kasat Reskrim Polres Halut AKP Rusli Mangoda menuturkan, setelah mendapat laporan tersebut, petugas dari Polsek Galela langsung turun ke TKP untuk mengamankan barang bukti dan Kades Togasa. "Kades Togasa diamankan lewat jalur laut jam 8.13 malam untuk dibawa ke Mapolres Halut," tuturnya.

Kapolsek Galela IPDA Jhon Watimena bersama tiga anggota sempat standby di Togasa untuk mensterilkan situasi. "Kami juga mengimbau warga Tutumaloleo agar tidak melakukan aksi balasan, sebab sudah ditangani pihak kepolisian," ujar Rusli.(jaha)
Komentar Anda

Berita Terkini