KPU Halsel Tolak Berkas PDIP dan PKPI

/ Selasa, 17 Juli 2018 / 16.15
Pengurus PDIP Halmahera Selatan yang datang mendaftar ke KPU ditolak KPU lantaran tidak melampirkan sejumlah persyaratan yang diwajibkan.
   
HALSEL – Hari ini (17/7/2018) menjadi hari terakhir pendaftaran partai politik peserta Pemilihan Legislatif 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Tak ayal, puluhan pengurus partai tampak berdesakan di semua KPU, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Pasalnya, sebagian besar parpol memilih mendaftar di injury time.

Di Halmahera Selatan, hingga hari terakhir pukul 6 sore, baru ada sembilan parpol yang memasukkan berkasnya. Yakni Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda, Partai Gerindra, dan Partai Persatuan Pembangunan. 

Itu berarti masih ada tujuh partai yang belum terdaftar sebagai peserta pileg, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Bulan Bintang, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Amanat Nasional, dan Partai Golkar. Sesuai jadwal, KPU akan menutup tahapan pendaftaran pada pukul 00.00 nanti.

Sementara itu, PDIP dan PKPI sebenarnya telah mendatangi KPU siang tadi. Hanya saja, berkas pendaftaran mereka ditolak lantaran terdaftar dokumen yang tak dilampirkan. “Dokumen D3 dan SK partai yang legalisir basah belum ada,” kata komisioner KPU Halsel Darmin Hi Hasyim kepada nusantaratimur.com.

Menurut Darmin, KPU memberikan waktu kepada dua pengurus partai itu hingga tengah malam nanti untuk melengkapi persyaratan dimaksud. 

“Kalau DPP yang keluarkan maka KPU menunggu itu. Kami menunggu sampai pukul 12 malam ini. Jika terlambat, maka mohon maaf saja terpaksa digugurkan,” tegasnya.(iel)
Komentar Anda

Berita Terkini