Meningkat Empat Persen Partisipasi Pemilih, KPU Tidore Lebihi Target KPU RI

/ Jumat, 20 Juli 2018 / 20.22
Devisi sumber daya manusia dan Pertisipasi masyarakat KPU Tidore Kepulauan, Reni Banjar

TIDORE - Tingkat partisipasi masyarakat khusunya di Kota Tidore Kepulauan terkait proses pemilihan kepalah daerah (Pilkada) menjadi semakin lebih baik, hal ini terlihat jelas pada tingkat partisipasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 (Pilgub). Jumlah pemilih meningkat sebesar empat persen di bandingkan Pilkada Walikota dan Wakil Walikota pada tahun 2015 lalu.

Dari data yang di sampaikan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan, Devisi sumber daya manusia dan Pertisipasi masyarakat, Reni Banjar saat di temui sejumlah wartawan di ruang kerjanya. Kamis (19/7/2018) kemarin. Mengatakan, angka partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 khususnya di Kota Tidore Kepulauan mengalami peningkatan meski tidak meningkat jauh, namun sudah melebihi target 77 persen sebagaimana instruksi KPU pusat.

Data Tingkat Partisipasi Pemilih Per Kecamatan Kota Tidore Kepulauan pada Pilgub 2018. 
"ketetpan KPU RI yakni 77 persen namun untuk KPU Kota Tidore meningkat, walaupun sebelumnya telah melebihi di angkat 77 persen yakni 80 Persen angka partisipasi pada pilkada 2015 tetapi pada pilgub ini naik 4  persen menjadi 84,17 persen," jelasnya.

Menurut Reni, pada pilkada kali ini di Kota Tidore Kepulauan yang  tingkat partisipasi pemilih masih kurang terdapat pada dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Oba dan kecamatan Oba Selatan, sehingga KPU Kota Tidore  harus melakukan penyuluhan untuk menumbuhkan kesadaran kepada pemilih untuk menyalurkan hak pilihnya pada pemilihan legislatif 2019 (Pileg) nanti dan tidak memilih untuk Golput.

" KPU Kota Tidoere akan bekerja lebih keras sehingga kedepan angka partisipasi pemilih bisa meningkat serta Pemilih dapat menyalurkan hak pilihnya untuk kemajuan Daerah ini," tutupnya. (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini