Pemkot Tidore Gelar Pertemuan Advokasi Kebijakan Sehat

/ Rabu, 11 Juli 2018 / 21.19
Rapat Pertemuan Advokasi Kebijakan Sehat di Ruang Rapat Kantor Walikota Tidore. Rabu (11/7)
TIDORE- Pemerintah saat ini mendorong penyelenggaraan program Indonesia Sehat sebagai upaya mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Hal itu ditegaskan Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Kesra Pemda Tidore Muhammad Yasin, pada Pertemuan Advokasi Kebijakan Sehat di Kabupaten dan Kota yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan. Rabu (11/7/2018) bertempat di Ruang Rapat Walikota.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Sarbaini A. Karim memaparkan bahwa Pemkot Tidore Kepulauan memiliki prestasi yang baik di bidang pelayanan kesehatan, di mana mutu 10 puskesmas yang dimiliki Kota Tidore Kepulauan sudah sesuai standar.

Hal itu berdasarkan parameter dan hasil survei dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara sampai dengan tahun 2017.

“ Karenannya Kota Tidore Kepulauam merupakan satu-satunya yang memiliki 4 Puskesmas yang sudah diakreditasi, serta pencapaian imunisasi dasar lengkap dengan posisi 92 persen,” ujar Sarbaini.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Tidore Kepulauan, Abdullah Maradjabessy mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pertemuan yang pertama kalinya, dan ke depan akan menjadi pertemuan rutin.

Karenanya, ujar Abdullah bahwa keberhasilan Kota Tidore Kepulauan seperti yang dipaparkan Dinas Kesehatan Pemprov Malut merupakan andil dari seringnya Dinas Kesehatan diajak hearing oleh Komisi III DPRD Kota Tidore Kepulauan.

Lanjut Abdullah, pertemuan lintas sektor ini mengambil kesimpulan bahwa pembangunan kesehatan memerlukan keterlibatan berbagai stakeholder untuk peningkatan sumber daya manusia di seluruh Puskesmas/Pustu, Perluasan Pelayanan Penderita AIDS, peningkatan pembiayaan kesehatan untuk mengejar target universal coverage, mempercepat proses eliminasi malaria, peningkatan advokasi pemanfaatan dana desa untuk program kesehatan, pengadaan alat kesehatan di RSUD Tidore seperti alat cuci darah, deteksi dini kanker dan perlunya dibentuk Malaria Center di Kota Tidore Kepulauan untuk membantu percepatan eliminasi malaria, tutup Maradjabessy.

Sementara itu pertemuan Advokasi Kebijakan Sehat di Kabupaten/Kota merupakan pertemuan lintas sektor yang dihadiri oleh Komisi III DPRD Kota Tidore Kepulauan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Pimpinan OPD terkait, Eselon III dinas Kesehatan Tikep dan Kepala Puskesmas. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini