Pindah Partai, Dua Anggota DPRD Halsel Terancam Gugur

/ Selasa, 17 Juli 2018 / 16.52

Sejumlah pengurus partai berdesakan di kantor KPU Halmahera Selatan untuk memasukkan berkas partai mereka ke KPU, Selasa (17/7/2018).

HALSEL – Menghadapi Pemilihan Legislatif 2019 nanti, sebagian politisi memutuskan pindah partai politik. Tak terkecuali mereka yang tengah duduk di bangku DPRD. Misalnya saja Arsad Sadik Sangadji dan Karnawi Hasani di DPRD Halmahera Selatan.

Dua politikus ini sama-sama pindah ke Partai Perindo. Keduanya bahkan sudah didaftarkan Perindo sebagai bakal calon legislatif ke Komisi Pemilihan Umum.

Hanya saja, Arsad yang berasal dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia serta Karnawi dari Partai Keadilan Sejahtera belum memasukkan surat pengunduran diri mereka sebagai anggota DPRD.

Komisioner KPU Halsel, Antoni Nurdin menuturkan, pengunduran diri dari dewan sendiri memiliki sejumlah tahapan. Dimulai dari anggota yang bersangkutan menyurat ke pimpinan DPRD terkait pengunduran dirinya.

“Surat itu selain diberikan ke pimpinan, juga disertai tembusan ke KPU. Selanjutnya, pimpinan DPRD mengeluarkan tanda terima surat tersebut,” tuturnya, Selasa (17/7/2018).

Tanda terima itu, sambung Antoni, juga dimasukkan ke KPU. Kemudian, pimpinan DPRD menyurat ke KPU menerangkan bahwa proses pergantian antar waktu (PAW) anggota tersebut tengah dilakukan. “Itu tahapannya,” tambahnya.

Menurut Antoni, Arsad dan Karnawi diberikan waktu hingga 31 Juli pukul 24.00 untuk memasukkan surat pengunduran dirinya ke KPU. Pada 19 Juli nanti, KPU sudah akan melakukan pleno yang disampaikan pada 20 dan 21 Juli.

“Tanggal 21 sampai 31 Juli adalah jangka waktu perbaikan. Jika sampai batas waktu yang ditentukan terlewati, maka yang bersangkutan kita coret dari daftar caleg,” tegasnya.

Terpisah, Arsad Sadik Sangadji yang dikonfirmasi mengatakan dirinya akan melengkapi seluruh persyaratan administrasi yang diminta KPU, salah satunya adalah rekomendasi pengunduran diri dari DPRD. 

Apalagi dirinya merupakan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah di lembaga tersebut. "Sudah saya ajukan ke pimpinan DPRD untuk ditindaklanjuti," katanya.(iel)
Komentar Anda

Berita Terkini