PKPI Halut Bakal Jadi Pendaftar Pertama

/ Rabu, 11 Juli 2018 / 23.18

Komisioner KPU Halmahera Utara Ikbal Loty

HALUT - Memasuki H -5 tahapan pendaftaran calon legislatif (caleg) untuk pemilihan legislatif 2019, kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut masih sepi. Hingga kini, belum ada satu pun partai politik yang mendaftarkan calonnya ke KPU.

Komisioner KPU Halut, Ikbal Loty menuturkan, sampai hari ke-8 sejak pembukaan pendaftaran pada 4 Juli lalu, pengurus parpol hanya berkunjung ke KPU untuk melakukan konsultasi. Diantaranya mengenai persyaratan pendaftaran caleg. "Belum ada. Sampai hari ke-8  belum ada parpol yang melakukan pendaftaran bakal calon DPRD," kata Ikbal, Rabu (11/7/2018).

Menurutnya, kemungkinan parpol pertama yang akan mendaftar adalah Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).
Sebab surat PKPI telah masuk pada Rabu (11/7) yang menerangkan Kamis (12/7/2018) akan mendaftarkan para caleg. "PKPI yang bakal melakukan pendaftaran lebih dulu. Karena suratnya sudah masuk ke KPU terkait pendaftarannya yang dijadwalkan pada esok hari," jelasnya.

Ikbal menambahkan, sebagian besar partai biasanya melakukan pendaftaran pada H-3 jelang penutupan. Tahapan pendaftaran sendiri rencananya ditutup pada 17 Juli. 

"Sebelumnya telah diberitahukan agar parpol mendaftar pada awal pembukaan. Sebab nantinya menjadi pekerjaan besar KPU jika daftar ramai-ramai pada akhir penutupan,"ujarnya.(Jaha)
Komentar Anda

Berita Terkini