Rolling di Halsel, Sekda dan Kepala Inspektorat 'Lembong'

/ Selasa, 10 Juli 2018 / 20.33

Bahrain Kasuba

HALSEL - Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba melaksanakan "ancamannya". Setelah memutasi puluhan kepala sekolah, kali ini giliran pejabat eselon II yang di-rolling. Tak tanggung-tanggung, dua pejabat eselon II "diparkir" oleh Bupati.

Kedua pejabat tersebut adalah Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe dan Kepala Inspektorat Slamet Ak. Bupati Bahrain saat dikonfirmasi, Selasa (10/7/2018), menuturkan, keputusannya me-nonjob-kan Slamet dan Helmi tak lepas dari sikap keduanya yang "menantangnya". Menurutnya, kedua pejabat itu lah yang meminta dikembalikan ke tempat tugasnya semula. "Karena mereka yang bersikap. Saya belum memutuskan apa-apa terhadap mereka, tapi mereka yang mengajukan," tuturnya.

Bahrain mengungkapkan, Helmi dan Slamet diam-diam telah mengajukan permintaan ke Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) agar dikembalikan ke instansi mereka semula, yakni Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI. "Saya sudah katakan selesai pilgub akan ada evaluasi dan penyegaran. Tapi mereka sudah minta pindah lebih dulu," terangnya.

Sebagai kepala daerah, sambung politikus PKS itu, ia tak bisa menahan mereka. Karena itu, pengajuan tersebut bakal disetujuinya. "Sekda dan Kepala Inspektorat sampai sekarang juga saya belum ketemu mereka. Tapi rumor yang saya dengar begitu (keduanya minta pindah, red). Kami siapkan penggantinya jika memang benar pindah," sambungnya.

Pejabat eselon II lain yang digeser dari posisinya adalah Kepala Bappelitbangda Daud Djubedi. Ia diparkir sebagai staf ahli. Begitu juga Kepala BKPPD Abdillah Kamarullah yang dipindahkan sebagai Kepala Perpustakaan Daerah. Posisi Daud digantikan Ramli yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Bappelitbangda. Sedangkan posisi Abdillah diisi Marten Puka Puka, eks Kepala Perpustakaan.

Selain itu, ada pula Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang berganti pimpinan dari Iksan Subur ke Samsi Subur. Sedangkan ponakan bupati, Dahrun Kasuba, yang sebelumnya Sekretaris BPMD dinonjobkan. (iel)
Komentar Anda

Berita Terkini