Tes Kesehatan, Bacaleg Serbu RSD Tidore

/ Kamis, 05 Juli 2018 / 20.50

Ratusan bacaleg mendatangi RSD Tidore Kepulauan, (Nusantaratimur/Aidar Selasa)
TIDORE -  Memasuki tahapan pendaftaran bakal calon legislatif untuk pemilihan legislatif 2019, sejumlah instansi milik pemerintah diserbu para bacaleg. Salah satunya adalah Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore Kepulauan. Kedatangan para bacaleg di RSD guna mendapatkan rekomendasi kesehatan jasmani dan rohani sebagai salah satu persyaratan menjadi caleg.

Selain RSD Tidore, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga menunjuk RSUD Tobelo di Halmahera Utara RSUD Chasan Boesoirie di Ternate sebagai tempat rujukan pemeriksaan kesehatan. Di seluruh Maluku Utara, hanya tiga rumah sakit ini yang dilibatkan untuk pemeriksaan kesehatan bacaleg. Tak ayal, ratusan bacaleg tiap harinya mendatangi rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan.

Kamis (5/7/2018) kemarin, ada ratusan bacaleg yang mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan di RSD Tidore. Mereka merupakan bacaleg tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. Selain tes kesehatan, mereka juga melakoni tes kejiwaan dan wawancara mulai 2-5 Juli.

Informasi yang dihimpun nusantaratimur.com, hingga hari keempat masa pemeriksaan, sudah ada 200 bacaleg yang mendatangi RSD Tidore.

Sekretaris RSD Kota Tidore Kepulauan Soleman Mahmud saat ditemui di ruang tes mengatakan, pemeriksaan dilakukan oleh ahlinya, baik tes kesehatan maupun kejiwaan. "Jika bakal calon legislatif  tersebut lolos tes kejiwaan maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara," tuturnya.

Sayangnya, jumlah ahli kejiwaan di RSD Tidore masih terbatas, yakni hanya 1 orang. Tak ayal, dalam sehari hanya ada 50 bacaleg yang dapat dites. "Jadi dalam sehari tes  kejiwaan tersebut dapat diikuti sebanyak 50 peserta, sesuai juga dengan kemampuan ruangan yang  bisa menampung sebanyak 22 peserta," ujar Soleman. (dar)
Komentar Anda

Berita Terkini