Tiga Anggota DPRD Halut Menanti di-PAW

/ Kamis, 19 Juli 2018 / 00.46
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut Muchlis Kharie.

HALUT - Tiga anggota DPRD Halmahera Utara dalam waktu dekat bakal di-PAW. Mereka adalah Bahardi Ngongira dari Partai Gerindra, Helni Leke dari Partai Hanura, dan Oni Pulo dari PKPI.

Ketiganya di-PAW lantaran maju lagi dalam pemilihan legislatif 2019 dengan bendera partai politik lain. Bahardi dan Helni pindah ke Partai Berkarya, sedangkan Oni bergabung dengan Partai Demokrat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halut Muchlis Kharie mengatakan, terkait dengan mekanisme PAW untuk anggota DPRD aktif yang pindah ke partai lain berdasarkan pada Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 pasal 27. Selain itu, syarat untuk masuk sebagai calon dalam daftar caleg sementara (DCS) partai barunya,  maka ketiganya harus menyertakan surat pengunduran diri beserta tanda terima dari partai sebelumnya.

Selanjutnya, sambung Muchlis, jika yang bersangkutan bakal ditetapkan di dalam DCT partai baru pada September mendatang, ketiganya juga wajib melampirkan SK pemberhentian dari anggota DPRD Halut sehari sebelum penetapan DCT. 

"Sebelum penetapan DCS,  mereka harus masukan surat pengunduran diri yang dilampirkan dengan tanda terima dari partai sebelumnya. Begitu juga pada DCT, SK pemberhentian juga wajib dimasukan sebagai syarat terdaftar di DCT. Jika tidak diindahkan maka yang bersangkutan akan gugur sebagai caleg," jelas Muchlis.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Logistik Ikbal Loti ketika dikonfirmasi mengenai nama caleg yang berada pada posisi kedua suara terbanyak dari masing-masing partai pada pileg 2014 lalu menyebutkan, yang bakal menggantikan Oni Pulo pada daerah pemilihan I yakni Kartono Duan. Sementara pada dapil III Husni Amal bakal menggantikan posisi Bahardi Ngongira. Sedangkan posisi suara terbanyak kedua dari Partai Hanura adalah Indriyati Oiyana yang bakal menggeser Helni Leke.(jaha)
Komentar Anda

Berita Terkini