Trump Mengklaim Kemenangan Pada Pertemuan NATO

/ Kamis, 12 Juli 2018 / 22.13
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

 BRUSSELS-  Donald Trump mengklaim kemenangan pada pertemuan puncak NATO pada pekan lalu. Setelah menyatakan sekutu Eropa untuk meningkatkan pengeluaran atau kehilangan dukungan Washington, ultimatum yang memaksa para pemimpin untuk berunding dalam sesi krisis dengan presiden AS.

Trump menegaskan bahwa komitmennya yang berkelanjutan terhadap aliansi Barat yang dibangun di atas kekuatan militer AS yang telah berdiri di Moskow sejak Perang Dunia II.

Sebelumnya  Trump memperingatkan dia akan "pergi sendiri" jika sekutu, terutama Jerman, tidak membuat peningkatan besar dalam anggaran pertahanan mereka untuk tahun depan.

Saya memberi tahu mereka bahwa saya sangat tidak bahagia,tuturnya, Trump menambahkan bahwa pembicaraan berakhir dengan istilah terbaik: Semuanya datang bersama di akhir. Itu sedikit sulit untuk sementara waktu. 

Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menyebut KTT sangat intens, dan para pemimpin lainnya termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron, mengecilkan sejauh mana mereka telah berjanji untuk mempercepat rencana pengeluaran secepat yang diinginkan Trump.

"Dia mengatakan mereka harus meningkatkan pengeluaran pada Januari 2019 atau Amerika Serikat akan melakukannya sendiri," ujarnya.

Macron sendiri tidak menafsirkan kata-kata Trump sebagai ancaman langsung untuk keluar dari persekutuan yang didirikan Washington pada tahun 1949 untuk menampung ekspansi Soviet. Trump, bertanya apakah dia pikir dia dapat menarik diri dari NATO tanpa dukungan dari Kongres, mengatakan dia yakin dia bisa tetapi itu "tidak perlu".

Yang lain mengatakan persetujuan Kongres akan diperlukan dan kemungkinannya tidak akan datang.

Trump memuji kemenangan pribadi untuk strateginya sendiri dengan mengeluh keras bahwa anggaran NATO tidak adil bagi pembayar pajak AS, dan munculnya apa yang dikatakannya adalah konsensus hangat di sekitarnya.

Beberapa diplomat dan pejabat mengatakan, bagaimanapun, bahwa intervensi tidak bermiliknya  termasuk menunjuk pada para pemimpin lain.

Ketika drama itu berlangsung, sehari setelah Trump melancarkan serangan publik yang kejam terhadap kebijakan Jerman, Sekjen NATO Jens Stoltenberg membersihkan ruangan banyak pejabat dan para pemimpin yang diundang dari non-anggota Georgia dan Afghanistan sehingga 28 pemimpin lainnya dapat mengadakan penutupan. sesi dengan presiden.

TARGET PENGELUARAN

Anggota NATO telah berkomitmen untuk menghabiskan setidaknya dua persen dari pendapatan nasional mereka untuk pertahanan pada tahun 2024, meskipun ketentuan tersebut memungkinkan untuk peregangan bahwa dalam beberapa kasus hingga tahun 2030. Amerika Serikat, jauh ekonomi terbesar, menghabiskan 3,6 persen tahun lalu, sementara Jerman, terbesar kedua, dibayarkan hanya 1,2 persen dan hanya segelintir negara yang memenuhi target 2 persen.

Trump mengatakan kepada para pemimpin bahwa dia ingin mereka semua mencapai target pada bulan Januari, sehingga memicu kekhawatiran. Banyak yang telah menyelesaikan anggaran 2019 mereka dan jumlah yang terlibat sangat besar - bahkan jika mereka mau, banyak yang akan berjuang untuk melakukan pembelian yang bermanfaat.

Merkel mengatakan kepada wartawan di sana mengikuti diskusi dengan jaminan kepada Trump bahwa pengeluaran meningkat yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Presiden Amerika menuntut apa yang telah dibicarakan selama berbulan-bulan, bahwa ada perubahan dalam pembagian beban," kata Merkel. Saya menjelaskan bahwa kami berada di jalur ini. Dan ini adalah kepentingan kita sendiri dan itu akan membuat kita lebih kuat.

Ketika ditanya kapan tepatnya sekutu akan mencapai dua persen dari target PDB, Trump mengatakan akan mencapai tahun-tahun mendatang. Macron mengatakan Prancis, yang tahun lalu menghabiskan 1,8 persen untuk pertahanan, akan memenuhi target pada batas waktu 2024.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan dengan datar bahwa dia setuju "tidak ada peningkatan belanja" di luar yang sebelumnya disepakati oleh Roma, yang tahun lalu menghabiskan 1,1 persen untuk pertahanan dan bekerja di bawah utang berat yang sangat membatasi opsinya.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, yang seperti tuan rumah KTT, Perdana Menteri Belgia Charles Michel, dipilih di kamar oleh Trump karena membelanjakan kurang dari 1 persen PDB untuk pertahanan, mengatakan Madrid juga akan memenuhi target pada 2024.

"Kami memiliki NATO yang sangat kuat dan sangat kuat, jauh lebih kuat daripada dua hari lalu," kata Trump. Sekretaris Stoltenberg memberi kami kredit total, yang berarti saya, saya kira, dalam hal ini, total kredit. Karena saya mengatakan itu tidak adil,"ujarnya. 



Sumber : Reuters 


Komentar Anda

Berita Terkini