Ada Apa?, 35 Bacaleg DPRD Kota Tidore di Gugurkan

/ Sabtu, 04 Agustus 2018 / 18.05
Ketua pokja pencalonan KPU Kota Tidore Kepulauan, Jainul Yusuf

TIDORE- Waktu perbaikan dokumen Bakal calon Legislatif (Bacaleg)  DPRD Kota Tidore Kepulauan telah berakhir, Saat ini, Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Tidore Kepulauan melanjutkan  verifikasi hasil dokumen perbaikan dari tanggal 1 agustus Sampai 7 agustus 2018 mendatang.

“Dari hasil perbaikan dokumen Bacaleg kota Tidore, KPU Kota Tidore masih menemukan banyak dokumen yang tidak terlengkapi, sehingga langsung mencoret atau menggugurkan bacaleg yang bersangkutan karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” Hal itu disampaikan oleh Ketua pokja pencalonan KPU Kota Tidore Kepulauan, Jainul Yusuf kepada wartawan media ini melalui via WhatsApp (WA). Sabtu (4/8/2018) sore tadi.

Menurutnya, berdasarkan hasil verifikasi oleh KPU Kota Tidore yang paling banyak di coret atau digugurkan yakni partai Berkarya dengan jumlah bacaleg sebanyak 14 orang. “terbagi dari dapil I (Satu) yang meliputi kecamatan Tidore dan Tidore Timur sebanyak 7 orang dan dapil  III (Tiga)  sebanyak 7 orang bacaleg sehingga  dapil I (satu) dan Dapil III (Tiga) partai berkarya tanpa bacaleg,”Ucapnya

Lanjutnya, partai PKPI sebanyak 11 orang Bacaleg  dengan rincian dapil yakni dapil I  (Satu) sebanyak 5 orang, dapil II (Dua) sebanyak 3 orang dan Dapil III (Tiga) sebanyak 3 orang. Untuk partai PBB sebanyak 4 orang dengan rincian dapil yakni Dapil I (Satu) sebanyak 3 orang dan Dapil III (Tiga) sebanyak 1 orang.

Sementara itu, partai Garuda sebanyak 2 orang bacaleg. dengan rincian dapil II (Dua) sebanyak 1 orang dan dapil III (Tiga) sebanyak 1 orang. untuk partai PSI sebanyak 2 orang Bacaleg, yakni dengan rician dapil yakni dapil  II (Dua) sebanyak 2 orang.

Terakhir, partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai PPP masing-masing Sebanyak 1 Orang bacaleg.“ secara keseluruhan bacaleg partai politik yang digugurkan oleh KPU Kota Tidore  pada daerah pemilihan masing-masing berjumlah 35 orang,” Ujarnya

Dirinya mengungkapkan bahwa,  35 bacaleg yang digugurkan karena tidak mengurus dan memasukan dokumen perbaikan, diantaranya SKCK dari Kepolisian, surat keterangan atau suket Kesehatan Jiwa, suket Kesehatan Jasmani dari rumah sakit, suket Narkoba, Ijazah tidak di legalisir, Suket terdaftar sebagai pemilih, pas foto dan lainnya.

"maka KPU Tidore Kepulauan langsung mengugurkan bacaleg bersangkutan karena memenuhi syarat (TMS) dan mereka  tidak lagi masuk Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Tidore pada pemilu 2019". tukasnya.

dirinya juga menjelaskan, Parpol pengusung  jumlah bacaleg terbanyak pada pemilu 2019, sebanyak 25 orang antara lain partai Gerindra, Partai PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Perindo dan Hanura. Sedangkan parpol pengusung Bacaleg terbanyak kedua, sebanyak 24 orang antara lain partai PKS dan partai PPP, dan urutan ketiga sebanyak 23 orang antara lain  partai PKB dan  disusul PAN dan Demokrat  sebanyak 20 orang,partai  PBB sebanyak 19 orang dan partai Garuda sebanyak 18 orang.

Sementara Partai politik yang mengusung calon anggota DPRD pemilu 2019 dengan jumlah sedikit antara lain partai Berkarya dan PKPI dengan jumlah bacaleg sebanyak 10 orang dan PSI hanya  mengusung 3 Orang. Tutupnya (Dar)
Komentar Anda

Berita Terkini